Beranda Peristiwa Tak Pakai Masker, Puluhan ASN di Blitar Ditangkap Satpol PP

Tak Pakai Masker, Puluhan ASN di Blitar Ditangkap Satpol PP

BERBAGI
Tak Pakai masker, Puluhan ASN di Blitar Ditangkap Satpol PP
sejumlah petugas Satpol PP Kabupaten Blitar melakukan razia masker di perkatoran lingkup Pemkab Blitar. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 5 instansi di lingkup Pemerintahan Kabupaten Blitar tertangkap petugas Satpol PP Kabupaten Blitar karean tidak pakai masker, Senin (5/10/2020).

Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar, Rustin Tri Setyobudi mengatakan, razia yang digelar petugas ini untuk melakukan penertiban protokol kesehatan (prokes) Covid-19 di lingkungan perkantoran.

Sasaran utama dalam operasi ini adalah mereka yang tidak membawa masker ataupun yang tidak mengenakan masker dengan sempurna.

“Covid-19 sekarang belum mereda untuk itu perlu adanya pencegahan untuk memutus penularan. Apalagi saat ini banyak klaster perkantoran. Di Kabupaten Blitar ada sejumlah instansi yang menjadi klaster penularan. Artinya ini butuh perhatian khusus,” ujar Rustin.

| Baca Juga:  Duo Pelawak Percil dan Yudho Ditahan di Hongkong, Ini Kata Keluarganya

Dalam penertiban yang dilakukan Satpol PP Kabupaten Blitar ada 45 ASN yang kedapatan tidak memakai masker dengan benar. Mereka masing-masing dari sekretariat kantor Pemkab Blitar, sekretariat DPRD, Kantor Dispendukcapil, BPN Kabupaten Blitar dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Mereka yang tidak memakai masker dengan benar ini kemudian diberi sanksi mengucapkan Pancasila.

“Kita menemukan yang melanggar. Sementara pakai Perbup nomor 40 tahun 2020. Sanksinya berupa sanksi sosial. Namun nanti kedepan akan ada operasi yustisi khusus menyasar perkantoran. Kalau ada yang melanggar tentunya akan diberi disidang di tempat,” tegasnya.

| Baca Juga:  SMA Negeri 1 Talun Masuk Nominator Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Jatim 2020

Rustin menambahkan, penertiban ini sebagai implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020 dan dengan dasar aturan Perda Provinsi Jatim No 2 Tahun 2020 Jo Perda Provinsi No 1 Tahun 2019, Pergub No 53 Tahun 2020 dan Perbup No 40 Tahun 2020.

Untuk diketahui sejumlah instansi di Kabupaten Blitar sempat menjadi klaster penularan Covid-19.  Beberapa tempat itu diantaranya RSUD Ngudi Waluyo dan empat Puskesmas, Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BNN Kabupaten Blitar, kemudian bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) serta kantor Inspektorat Kabupaten Blitar.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma