Beranda Pemerintahan Tulungagung Kekurangan Ribuan PNS Guru SD

Tulungagung Kekurangan Ribuan PNS Guru SD

BERBAGI
Tulungagung Kekurangan Ribuan PNS Guru SD
proses mutasi dan promosi jabatan kepala sekolah di Kabupaten Tulungagung. (foto: maman firmansyah)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten Tulungagung kekurangan ribuan tenaga pendidik yang berstatus Pegawai negeri Sipil (PNS). Kekurangan ini karena banyaknya guru PNS yang memasuki masa pensiun, sementara tidak didukung dengan hasil rekrutmen CPNS dua tahun terakhir.

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tulungagung, Adi Suselo mengatakan, kekurangan ini terjadi karena tidak adanya perimbangan jumlah guru yang PNS dengan jumlah formasi guru PNS dalam formasi penerimaan CPNS dalam dua rekruitment terakhir.

Dicontohkannya, pada tahun 2018 yang lalu pihaknya menerima 311 CPNS untuk menggantikan guru yang sudah pensiun ditahun sebelumnya. Padahal jumlah guru PNS yang pensiun lebih dari angka tersebut.

| Baca Juga:  Tulungagung Dapat Jatah 16 Formasi CPNS, Fakta atau Hoax?

“Untuk penerimaan CPNS tahun 2019, juga sama. Jumlah formasi guru sebanyak 200an, sedangkan jumlah guru pensiun di tahun sebelumnya lebih dari angka itu,” jelasnya, Rabu (7/10/2020).

Jumlah kekurangan guru Sekolah Dasar di Tulungagung yang berstatus PNS, Adi mengungkapkan sekitar 1800an tenaga Guru. “Itu SD saja jumlah kurangnya sampai 1800 an guru SD yang berstatus PNS, ” terangnya.

Adi menambahkan, pihaknya hanya bisa mengusulkan kepada pemkab mengenai jumlah PNS yang pensiun dan kebutuhan guru saat ini. Sementara selanjutnya merupakan kewenangan BKN. (*)

Reporter : Maman Firmansyah
Editor : Linda Kusuma