Beranda Peristiwa 2 Nakes Reaktif Rapid Test, Puskesmas Sananwetan Kota Blitar Ditutup Tiga Hari

2 Nakes Reaktif Rapid Test, Puskesmas Sananwetan Kota Blitar Ditutup Tiga Hari

BERBAGI
2 Nakes Reaktif Rapid Test, Puskesmas Sananwetan Kota Blitar Ditutup Tiga Hari
puskesmas Sananwetan ditutup untuk general cleaning. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Pelayanan di Puskesmas Sananwetan, Kota Blitar, ditutup sementara selama tiga hari. Penutupan terhitung mulai Jumat 6 November sampai Minggu 8 November 2020. Penutupan ini dilakukan karena ada 2 tenaga kesehatan yang dinyatakan reaktif rapid test.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan penutupan dilakukan untuk sterilisasi di area Puskesmas. “Pelayanan di Puskesmas Sananwetan kami tutup sementara untuk sterilisasi,” ujar Hakim, Jumat (6/11/2020).

Dia menjelaskan pelayanan akan dibuka kembali pada Senin (9/11/2020) pekan depan. Sementara masyarakat yang hendak mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Sananwetan sementara dialihkan ke Puskesmas Sukorejo dan Puskesmas Kepanjenkidul.

| Baca Juga:  Terapkan PPKM, Wali Kota Blitar Antisipasi Jika Ada Lonjakan Pasien Covid-19

Selain dilakukan sterilisasi, semua nakes dan karyawan Puskesmas Sananwetan juga dites swab oleh Dinas Kesehatan Kota Blitar. “Ini kan semua sudah diswab sambil menunggu hasil ya mereka isolasi mandiri di rumah masing-masing,” imbuhnya.

Dia menambahkan, nantinya tidak hanya nakes dan karyawan Puskesmas Sananwetan saja yang akan menjalani tes swab. Namun semua Puskesmas di Kota Blitar akan disterilisasi dan nakes serta karyawannya dites swab.

Hal ini untuk memutus penularan Covid-19 karena Puskesmas sebagai fasilitas dasar pelayanan kesehatan kepada masyarakat menjadi tempat yang rentan menjadi pintu masuk penularan Covid-19.

| Baca Juga:  Terpukul Pandemi, Fotografer Ini Malah Gratiskan Jasanya

“Mereka setiap hari berhubungan dengan pasien. Kami juga tidak tahu, pasien ada yang jujur dan ada yang tidak jujur. Untuk itu testing diperlukan agar kalau ada yang positif penularan bisa segera diputus. Selain Puskesmas Sananwetan nanti dua Puskesmas lain juga akan disterilkan dan semua dites swab,” kata dia.

Pantauan di lokasi, pintu gerbang pagar Puskesmas Sananwetan tertutup. Di depannya terdapat pemberitahuan bertuliskan ‘Mohon maaf sehubungan dengan dilakukan general cleaning di UPTD Puskesmas Kecamatan Sananwetan maka pelayanan ditutup dari tanggal 6-8 November 2020’.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma