Beranda Advetorial Bakesbangpol Gelar Workshop Pengelolaan Bantuan Keuangan Untuk Partai Politik

Bakesbangpol Gelar Workshop Pengelolaan Bantuan Keuangan Untuk Partai Politik

BERBAGI
Bakesbangpol Gelar Workshop Pengelolaan Bantuan Keuangan Untuk Partai Politik
kegiatan workshop Pengelolaan Bantuan Keuangan Untuk Partai Politik yang digelasr bakesbangpol Kabupaten Blitar . (foto; ana alana)

AGTVnews.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Blitar menggelar Workshop Pengelolaan Bantuan Keuangan kepada Partai Politik di Ruang Perdana Pemkab, Senin (23/11/2020).

Workshop dibuka oleh Sekretaris Bakesbangpol Kabupaten Blitar, Ivong Berttyanto. Kegiatan ini menghadirkan pemateri secara daring dari Pengendali Teknis BPK Jatim Moch Mirza Akbar.

Peserta workshop merupakan ketua dan pengurus partai politik serta fungsionalis yang memperoleh kursi di DPRD Kabupaten Blitar. Mereka diantaranya partai PKB, PDIP, Nasdem, Gerindra, Golkar, P3, PKS, dan Demokrat masing-masing 5 orang.

| Baca Juga:  PKK Kabupaten Blitar Ikuti Pelantikan Ketum TP PKK

Dalam sambutannya, Ivong Berttyanto mengatakan, workshop ini penting untuk memberikan pemahaman pengelolaan dana hibah bantuan partai politik dan cara pengadministrasian dan bantuan politik sesuai peraturan yang berlaku yakni secara benar dan transparan.

Selain itu, workshop ini bentuk upaya pemerintah untuk meminimalisasi penyalahgunaan dana bantuan keuangan yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Dia menegaskan setiap partai politik yang memperoleh suara di DPRD Kabupaten Blitar mendapatkan bantuan keuangan partai yang bersumber dari APBN maupun APBD. Keuangan ini dipakai untuk pelaksanaan kegiatan partai politik, sesuai Undang-undang yang berlaku seperti pendidikan politik dan operasional sekretariat.

| Baca Juga:  Putus Mata Rantai Penularan Corona, Petugas Gabungan Rutin Gelar Operasi Yustisi

“Sebagaimana kita ketahui bantuan keuangan pada partai politik tersebut memiliki aturan dalam penggunaannya. Sehingga pembinaan pada partai politik ini penting dilakukan,” tuturnya.(*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Blitar