Beranda Hukum Kriminal Begini Cara Kerja Komplotan Rampok Modus Kempes Ban

Begini Cara Kerja Komplotan Rampok Modus Kempes Ban

BERBAGI
Kapolres Tulungagung menginterogasi tersangka Taufik, anggota komplotan perampok nasabah bank modus kempes ban. (foto: firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Polres Tulungagung mengamankan satu dari tujuh pelaku pencurian uang nasabah bank dengan modus kempes ban mobil yang beraksi di Kecamatan Boyolangu.

Tersangka yakni Taufik (28 tahun) warga Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Taufik diamankan saat dalam persembunyian di Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, dalam komplotannya Taufik berperan sebagai pemasang paku pada ban mobil milik korban. “TS ini perannya memasang paku pada ban mobil korban, kemudian sisanya dilakukan komplotan lainnya,” jelas Pandia.

Dihadapan Polisi, tersangka mengaku komplotannya sangat rapi dalam menjalankan aksi. Antara pelaku satu dengan lainnya seolah-olah tidak saling kenal.

| Baca Juga:  Rampok di Blitar Tertangkap Setelah Terlibat Laka Lantas

Dua orang berperan mengincar korban sejak melakukan transaksi di dalam bank. Kemudian 2 orang lainnya mengalihkan perhatian korban dengan menghalang-halangi mobil.

Pelaku lainnya merupakan eksekutor saat mobil korban berhenti karena ban mobilnya kempes.

“Jadi sudah ada yang mengincar sejak korban ini melakukan transaksi di bank. Ya bisa saja mungkin menyamar sebagai nasabah,” beber Pandia.

Selama 2 bulan terakhir, komplotan ini melakukan aksinya di 7 lokasi berbeda. Mulai di Tulungagung, Kediri, Blitar, Malang hingga Pasuruan.

Nilai kerugian korban beragam. Di Tulungagung mereka berhasil menggasak uang sebanyak Rp 135 juta. Sedangkan di Kediri Kota komplotan ini membawa kabur uang sebanyak Rp 180 juta.

| Baca Juga:  Sopir Grab di Tulungagung Dirampok Penumpangnya dan Dibuang di Blitar

“Ada 8 kali aksi, salah satunya gagal, jadi 7 aksi yang berhasil, nilai kerugiannya berbeda-beda,” ungkapnya.

Pandia berharap, dengan adanya kejadian ini masyarakat bisa lebih waspada. Nasabah bank diminta selalu berhati-hati dalam bertransaksi dan tidak segan-segan melibatkan pihak kepolisian jika melakukan transaksi dalam jumlah besar.

Taufik merupakan satu dari tujuh komplotan pelaku. Tiga anggota komplotan lainnya diamankan Polres Kediri sedangkan 1 lainnya diamankan Polres Trenggalek. Sementara 2 anggota lainnya saat ini masih dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor : Yusuf Saputro