Beranda Advetorial Disperindag Kabupaten Blitar Sabet Peringkat Dua Perangkat Daerah Pemberi Fasilitas Kekayaan Intelektual...

Disperindag Kabupaten Blitar Sabet Peringkat Dua Perangkat Daerah Pemberi Fasilitas Kekayaan Intelektual Terhadap UMKM

BERBAGI
Penghargaan yang diterima Disperdagin Kabupaten Blitar. (foto|: ana alana)

AGTVnews.com – Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Blitar meraih peringkat 2, perangkat daerah kota/kabupaten yang memberikan fasilitas kekayaan intelektual terhadap UMKM tahun 2020.

Piagam penghargaan atas prestasi ini diserahkan Dirjen kekayaan intelektual Freddy Harris di Surabaya, Kamis (26/11/2020) kemarin.

Penghargaan diterima bertepatan dengan digelarnya acara seminar bertajuk Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) Sebagai Pendorong Ekonomi Bangsa yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur.

Kepala Disperindag Kabupaten Blitar Tavip Wiyono mengatakan,
tahun 2020 ini Disperindag Kabupaten Blitar mengadakan kegiatan fasilitasi kekayaan intelektual khusus untuk permohonan hak merek melalui dana DBHCHT.

Dari total anggaran Rp. 100.000.000 Disperindag Kabupaten Blitar bisa memfasilitasi 120 permohonan hak merek serta mengadakan sosialisasi tentang kekayaan intelektual yang diikuti oleh 100 peserta.

| Baca Juga:  Gubernur Khofifah Puji Produk UMKM Blitar

Dengan kegiatan ini telah menunjukkan bahwa Disperindag Kabupaten Blitar berkomitmen untuk memberikan perlindungan kekayaan intelektual khususnya untuk para pelaku IKM di lingkungan Kabupaten Blitar.

“Berkat komitmen itulah Disperindag Kabupaten Blitar mendapatkan apresiasi dari Kemenkumham Kanwil Jatim dengan diberikannya piagam penghargaan dengan jumlah fasilitasi kekayaan intelektual terbanyak kedua se-Provinsi Jawa Timur,” ujar Tavip usai kembali ke Blitar setelah menerima langsung penghargaan, Jumat (27/11/2020).

Kegiatan terrsebut juga dihadiri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak. Serta Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Freddy Harris dan dibuka oleh Kepala Kemenkumham Kanwil Jatim Bapak Krismono.

| Baca Juga:  Bupati Rijanto Luncurkan Bantuan Sosial Paket Sembako Pemkab Blitar

Disampaikan oleh Dirjen KI pada kesempatan tersebut bahwa pada masa pandemi permohonan perlindungan kekayaan intelektual justru meningkat.

Ini membuktikan bahwa pemahaman masyarakat tentang pentingnya kekayaan intelektual sudah tinggi. Sehingga diperlukan sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam membentuk komitmen bersama untuk memberikan perlindungan kekayaan intelektual kepada masyarakat.

Dengan momentum itulah Disperindag Kabupaten Blitar akan bekerja lebih baik lagi ke depannya untuk mendorong dan mendukung masyarakat khususnya pelaku IKM untuk mendapatkan perlindungan kekayaan intelektual, tidak hanya hak merek tapi juga untuk hak-hak yang lain.(*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Blitar