Beranda Peristiwa Dupa Sesaji di Blitar Malah Bakar Pohon Keramat

Dupa Sesaji di Blitar Malah Bakar Pohon Keramat

BERBAGI
Pohon keramat di makam desa Sidorejo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar terbakar akibat dupa sesaji. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Sebuah pohon keramat di pemakaman umum Desa Sidorejo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar terbakar, Rabu (11/11/2020) malam. Kebakaran dipicu api dari dupa sesaji yang menyala tepat di bawah pohon.

Kasi Damkar Satpol PP Kabupaten Blitar, Teddy Prasojo menuturkan, pihaknya menerima laporan kebakaran sekitar pukul 21.00 WIB. Kebakaran ini pertama kali diketahui oleh juru kunci makam.

Petugas Damkar Kabupaten Blitar yang mendapat laporan dari pihak desa langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk memadamkan api.

“Pohon yang terbakar adalah jenis pohon Saman. Kejadiannya sekitar pukul 21.00 WIB. Kami langsung meluncur ke lokasi kejadian dan berupaya memadamkan api,” ujar Teddy, Kamis (12/11/2020).

| Baca Juga:  Pabrik Mie di Tulungagung Ludes Terbakar

Sebenarnya, kebakaran tersebut tidak berdampak apa-apa. Sebab lokasi pohon juga jauh dari pemukiman penduduk. Hanya saja karena pohon yang terbakar masuk keramat maka pihaknya segera meluncur ke lokasi.

Dari informasi yang diterima petugas, api tersebut berasal dari dupa yang menyala di bawah pohon. Dupa tersebut sengaja dinyalakan di bawah pohon sebagai sesajen.

“Diperkirakan memang ada warga yang membakar dupa di bawah pohon saman tersebut. Sehingga api dari dupa merambat ke batang pohon dan menyebabkan kebakaran,” jelasnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro