Beranda Ekonomi Bisnis Enggan Beralih ke Online, Klepon Wonosari Bertahan di Tengah Pandemi

Enggan Beralih ke Online, Klepon Wonosari Bertahan di Tengah Pandemi

BERBAGI
salah satu pelanggan membeli klepon untuk dibawa pulang. (foto: linda kusuma)

AGTVnews.com – Usaha kuliner, menjadi salah satu jenis usaha yang terdampak dengan adanya hantaman pandemi covid-19. Anjuran untuk berada di rumah saja membuat beberapa usaha mikro kecil menengah menjadi limbung.

Pun demikian usaha kuliner Klepon Wonosari di Desa Wonosari Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri ini. Usaha rumahan ini juga ikut merasakan dampak adanya pandemi ini. Kuliner legend yang sudah puluhan tahun dikenal ini, mengalami penurunan konsumen saat adanya pandemi.

Usaha rumahan yang dijalankan turun temurun ini, konsumennya menurun hingga 20 persen. Memang kebanyakan pembeli klepon ini adalah orang luar daerah Kediri. Mereka sengaja datang untuk menikmati kuliner tradisional itu. Sehingga saat pandemi Covid, warga memilih untuk tidak bepergian.

Hadapi Pandemi, Pemilik Kurangi Produksi Klepon

Pemilik usaha kuliner, Srinatun mengaku hanya bisa mengurangi produksi kleponnya, saat pandemi datang. Biasanya dalam satu hari bisa menghabisakan 30 kg adonan, namun saat pandemi, berkisar antara 20 hingga 25 kg saja.

| Baca Juga:  Kepala Dinas Positif Corona, Kantor Dispendukcapil Jombang Ditutup

“Adonan ini dibuat langsung dan tidak disimpan didalam lemari pendingin. Kita membuatnya bertahap, tidak langsung banyak. Adonan hanya dibuat sedikit-sedikit, Jadi pembeli merasakan kleponnya segar,” ucapnya, Selasa (3/11/2020).

produksi klepon di usaha Klepon Wonosari. (foto: linda kusuma)

Meski banyak permintaan untuk mengirimkan secara online, namun dirinya memilih tetap menjual seperti biasa saja. Ada kepuasan tersendiri, saat bisa melayani pembeli langsung.

“Banyak yang nanya, apa tidak melayani online. Kalau online gimana? Biar seperti ini saja, saya senang melihat pembeli saya makan dengan wajah bahagia,” ucapnya.

| Baca Juga:  Kepala Daerah di Blitar Raya Kompak Sumbangkan Gaji Selama Pandemi Covid-19

Di masa pandemi ini, depot klepon Wonosari juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Disediakan tempat cuci tangan, dan tempat makan yang berjarak, sehingga pembeli bisa merasa aman.

Satu diantara pembeli, Noviana mengatakan tidak khawatir jika harus membeli klepon di Klepon Wonosari ini. Selain jarak antar meja yang jauh, tempat nya juga bersih.

“Tadi pergi kesini, kondisi badan saya sehat, jadi ya aman-aman saja. Lagipula disini, tempatnya bersih dan makanannya harganya juga terjangkau. Jadi menyenangkan, seperti kembali ke jaman tradisional,” ucap Noviana.

Ya, klepon Wonosari tetap mempertahankan ketradisionalannya hingga saat ini. Sejak berdiri 50 tahun lalu, tempat yang digunakan sama dan tidak berubah sama sekali. (*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Kediri