Beranda Viral Eskavasi Patirtan Klotok, Temukan Saluran Air Yang Masih Berfungsi

Eskavasi Patirtan Klotok, Temukan Saluran Air Yang Masih Berfungsi

BERBAGI
Ditemukan saluran air yang masih berfungsi di eskavasi patirtan kuno di lereng gunung klotok Kota Kediri. (foto: linda kusuma)

AGTVnews.com – Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur menemukan adanya saluran air di patirtan lereng Gunung Klotok Kelurahan Pojok Kecaamtan Mojoroto Kota Kediri, yang masih berfungsi.

Saluran ini bisa mengalirkan air, meski debitnya tidak begitu deras.

Ketua tim eskavasi patirtan BPCB, Nugroho Harjo Lukito mengatakan, saluran air ini masih berfungsi, hanya saja ada beberapa yg buntu dan airnya menyebar.

“Dilihat dari struktur bangunan, patirtan ini terdiri dari 2 bilik. Namun biliknya tidak sama besar. Satu berukuran lebih besar,” ucapnya, Senin (30/11/2020).

| Baca Juga:  Bolos, Sepasang Pelajar Diamankan Satpol PP

Nugroho menambahkan, pihaknya akan menggali secara tuntas pastirtan kuno yang ditemukan tersebut. Sehingga akan terlihat dengan pasti bangunan tersebut berasal dari era kerajaan apa.

“Kita belum menemukan fragmen, bagian arca ataupun keramik. Kalau ini ditemukan, kita akan lebih mudah mengetahui era kerajaan mana. Tapi kalau dilihat lokasinya, kemungkinan ini adalah dari kerajaan Kediri, yang difungsikan hingga era majapahit,” papar Nugroho.

Patirtan lebih banyak digunakan di era Kediri, ungkap Nugroho. Masyarakat pada jaman ini, lebih banyak berdoa di tanah lapang, ataupun di gunung, yang dipercaya sebagai tempat leluhur mereka.

| Baca Juga:  Gali Tanah Urug Warga Nganjuk Temukan Jobong Era Majapahit

“Tidak banyak candi yang ditemukan pada era kerajaan Kediri. Karena masyarakatnya lebih banyak beribadah atau berdoa di tanah lapang. Nah, sebelum berdoa, mereka bersuci terlebih dahulu di patirtan,”jelas Nugroho.

Diharapkan, eskavasi yang dilakukan bertahap ini bisa tuntas dan mengupas patirtan secara keseluruhan. (*)

Reporter: Linda Kusuma
Editor : Yusuf Saputro