Beranda Advetorial Gelar Apel Siaga Bencana, Pjs Bupati Blitar Ingatkan Pentingnya Gotong Royong

Gelar Apel Siaga Bencana, Pjs Bupati Blitar Ingatkan Pentingnya Gotong Royong

BERBAGI
Gelar Apel Siaga Bencana, Pjs Bupati Blitar Ingatkan Pentingnya Gotong Royong
Pjs Bupati Blitar cek kesiapan alat untuk antisipasi bencana hidrometeorologi. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Pejabat sementara Bupati Kabupaten Blitar, Budi Santosa mengingatkan pentingnya menghidupkan gotong royong di masyarakat untuk mengantisipasi bencana Hidrometeorologi atau bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca.

Bencana tersebut seperti banjir, longsor, hingga puting beliung. Pernyataan ini diungkapkan Budi saat memimpin Apel Siaga Bencana di alun-alun Kanigoro, Senin (23/11/2020).

“Apel ini mengingatkan perlunya partisipasi semua elemen dalam mencegah dan mengatasi bencana. Karena bencana selalu berkaitan dengan setiap individu. Oleh karena itu, bencana menjadi urusan bersama. Pencegahan dan penanganan bencana alam, tidak bisa dilakukan oleh satu pihak. Termasuk masyarakat harus selalu mengedepankan kegotong- royongan sesuai nilai Pancasila untuk mengatasi bencana jikalau suatu saat terjadi,” jelas Budi.

| Baca Juga:  Meriah, Ribuan Warga Hingga Bupati Blitar Tonton Karnaval SCTV di Aloon-aloon Kanigoro

Budi menambahkan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah memberikan pelatihan kepada relawan. Selain itu juga memberi edukasi kepada masyarakat terkait mitigasi bencana di wilayah rawan.

Diharapkan nantinya relawan dan masyarakat mampu menjadi Pentahelix atau pihak yang memiliki peran dalam penanggulangan bencana.

“Saya sudah keliling kawasan pantai selatan dan wilayah yang memiliki potensi bencana Hidrometeorologi lainnya. Kemudian BPBD juga telah melakukan pelatihan kepada relawan dan mengedukasi masyarakat sekitar. Diharapkan nantinya relawan dan masyarakat mampu menciptakan Pentahelix,” tegasnya.

| Baca Juga:  Kampung Coklat Blitar Jadi Lokasi Sosialisasi Permendagri 26 Tahun 2020 Untuk Satpol PP se-Jatim

Usai memimpin upacara, Pjs Bupati Blitar Budi Santosa dan Forkopimda melakukan pengecekan peralatan diantaranya armada kendaraan, dapur umum, dan peralatan penanggulangan bencana.

Kegiatan ini juga dihadiri, Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya, Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, Dandim 0808 Blitar Letkol Arh Dian Musriyanto dan sejumlah kepala OPD di lingkup Pemkab Blitar. (*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Blitar