Beranda Advetorial Gelar Webinar Realita Pancasila Pjs Bupati Blitar Ajak Masyarakat Terapkan Nilai...

Gelar Webinar Realita Pancasila Pjs Bupati Blitar Ajak Masyarakat Terapkan Nilai Pancasila di Era Modern

BERBAGI
Gelar Webinar Realita Pancasila Pjs Bupati Blitar Ajak Masyarakat Terapkan Nilai Pancasila di Era Modern
Pjs Bupati Blitar Budi Santosa mengajak masyarakat untuk mengimplementasikan nilai - nilai dan ideologi Pancasila dalam kehidupan nyata. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – pemerintah Kabupaten Blitar menggelar seminar online atau webinar dengan tajuk ‘Realita Pancasila’. Webinar tersebut digelar di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Jumat (27/11/2020).

Webinar menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya, diantaranya Bambang Budiono dosen Fisip Unair, Danang Widoyoko penemu rekayasa teknologi nuklir, Dolis Setiawan pemuda pelopor bidang sumber daya alam dan Dwi Handoko Kades Serang sekaligus penerima penghargaan kampung pembhakti Pancasila 2020.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Blitar Budi Santosa mengajak masyarakat untuk mengimplementasikan nilai – nilai dan ideologi Pancasila dalam kehidupan nyata. Menurutnya, tema Webinar kali ini sangat penting untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana menerapkan nilai dan ideologi Pancasila dalam kehidupan modern.

| Baca Juga:  Peringati Hari Pahlawan, Pjs Bupati Ajak Masyarakat Jadi Pahlawan Putus Mata Rantai Covid-19

“Ini adalah tindak lanjut dari penghargaan yang diberikan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Karena Blitar ini menjadi percontohan kemudian ditindaklanjuti dengan webinar ini bagaimana kita menjalankan nilai dan ideologi Pancasila dalam kehidupan masyarakat modern ini,” ujar Budi Santosa.

Menerapkan nilai dan ideologi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari kata Budi, bisa melalui apa saja. Salah satu contoh adalah dengan berinovasi.

“Banyak inovasi yang dimunculkan Kabupaten Blitar, nah inilah Pancasila menurut BPIP yang memang harus ada kombinasi antara ketauladanan dan inovasi. Harus ada perubahan pola pikir, dimana virus berprestasi terus kita munculkan di desa supaya potensi bisa dikembangkan,” imbuhnya.

| Baca Juga:  Bupati Blitar Audiensi Bersama Relawan TIK

Dia berharap, dengan menerapkan nilai luhur Pancasila diharapkan mampu melahirkan inovasi baru di tengah pandemi Covid-19. Untuk itulah, ia meminta kepada seluruh masyarakat menanamkan nilai – nilai Pancasila agar bisa menciptakan jiwa entrepreneur yang tangguh.

Lebih lanjut Budi menambahkan, kedepannya wilayah Kabupaten Blitar menjadi suatu daerah yang strategis karena banyak infrastruktur pendukung yang segera selesai seperti adanya Jalur Lintas Selatan, Jalan Tol Malang Kepanjen, Kertosono – Kediri – Tulungagung dan Bandara di Kediri.

“Hal ini harus dijadikan trigger untuk masyarakat Kabupaten Blitar semakin berkembang, maju dan berdaya saing,” pungkasnya. (*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Blitar