Beranda Pemerintahan Jamaah Umroh Kabupaten Blitar Kembali Diberangkatkan

Jamaah Umroh Kabupaten Blitar Kembali Diberangkatkan

BERBAGI
Jamaah Umroh Kabupaten Blitar Kembali Diberangkatkan
Pemerintah Arab Saudi sudah membuka kembali izin perjalanan ibadah umrah. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Pemerintah Arab Saudi kembali membuka perjalanan ibadah umroh. Jamaah umroh diperbolehkan masuk kembali ke tanah suci sejak 1 November lalu, termasuk jamaah umroh asal Kabupaten Blitar.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Blitar, Syaikhul Munib mengatakan dibukanya kembali perjalanan umroh itu didukung dengan terbitnya Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 719 Tahun 2020.

KMA tersebut tentang Pedoman Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umroh pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019. Jamaah yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan diperbolehkan untuk menjalankan ibadah umroh.

| Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar Meningkat Terbanyak dari Klaster Pondok

Persyaratan itu diantaranya, jamaah harus berusia 18 sampai 50 tahun, kondisi sehat tidak memiliki riwayat penyakit bawaan dan bersedia diisolasi beberapa hari setelah tiba di Arab Saudi.

“Alhamdulillah saat ini sudah diperbolehkan. Bahkan informasi yang kami terima saat ini sudah ada yang di Arab Saudi,” ujar Munib saat dikonfirmasi, Kamis (5/11/2020).

Untuk Kabupaten Blitar, Munib mengaku tidak mengetahui secara pasti berapa jumlah jamaah ibadah umroh yang telah memenuhi persyaratan untuk berangkat ke tanah suci. Namun jika mengacu data jamaah umroh yang batal berangkat sejak awal pandemi Covid-19 lalu ada sekitar 60 orang

| Baca Juga:  3 Pedagang Positif Covid-19, Penutupan Pasar Sutojayan Diperpanjang

“Untuk jumlahnya dan kapan akan berangkat yang paham adalah pihak Perusahaan Penyelenggara Ibadah Umroh (PPIU),” imbuhnya.

Untuk dikehatui, sebelumnya Pemerintah Arab Saudi menunda visa kunjungan umrah ke Mekah karena virus Corona merebak di dunia. Informasi itu, disampaikan wakil menteri haji dan umrah Kerajaan Arab Saudi yang menangguhkan visa kunjungan Umrah dan kunjungan lainnya ke sana. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma