Beranda Kesehatan Klaster Pesta Pernikahan Muncul di Blitar

Klaster Pesta Pernikahan Muncul di Blitar

BERBAGI
Update persebaran Covid-19 Kabupaten Blitar. (foto: kominfo Kab. Blitar)

AGTVnews.com – Kasus positif Covid-19 Kabupaten Blitar bertambah dari Klaster pesta pernikahan. Sebanyak 8 orang dinyatakan positif Covid-19 dan satu orang meninggal dunia.

Juru bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti mengatakan. Klaster hajatan pernikahan baru pertama kali muncul di Kabupaten Blitar. “Iya, untuk klaster hajatan pernikahan ini yang pertama,” terang Krisna, Rabu (25/11/2020).

Krisna menjelaskan, klaster itu muncul berawal dari seorang keluarga yang datang ke acara hajatan di Desa Tuliskriyo Kecamatan Sanankulon. Usai hajatan yang bersangkutan kemudian jatuh sakit lalu meninggal dunia.

| Baca Juga:  6 Pegawai Disnakan Kabupaten Blitar Terpapar Corona

“Hasil tes swab ternyata positif Covid-19. Kemudian kita tracing dan kita swab sekitar 20 orang. Hasilnya kita dapatkan 8 orang positif dari keluarga inti pengantin,” jelasnya.

Satgas sebenarnya sudah memprediksi kemungkinan adanya klaster hajatan. Sebab banyak tuan rumah yang tidak mematuhi protokol kesehatan meski sudah membuat surat pernyataan.

“Ketika kita menerbitkan rekom, pasti disebutkan tidak boleh mengundang banyak orang. Harapannya hajatan itu dilakukan secara sederhana. Namun ternyata kondisi di lapangan berbeda,” pungkas Krisna.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro