Beranda Peristiwa Selama Pandemi, 334 Napi Lapas Blitar Dapat Asimilasi

Selama Pandemi, 334 Napi Lapas Blitar Dapat Asimilasi

BERBAGI
Selama Pandemi, 334 Napi Lapas Blitar Dapat Asimilasi
lapas kelas IIB Blitar. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Saat pandemi Covid-19, sebanyak 334 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Blitar mendapatkan asimilasi atau pembebasan bersyarat. Mereka dibebaskan secara bertahap mulai April sampai Oktober 2020.

Kepala Keamanan Lapas Kelas II B Blitar Bambang Setiawan mengatakan, asimilasi atau pembebasan bersyarat ini sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 10 Tahun 2020, tentang syarat pemberian asimilasi dan hak integrasi bagi napi dan anak dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

“Hingga akhir Oktober kemarin total ada 334 napi yang dapat asimilasi atau pembebasan bersayarat. Terhitung sejak bulan April lalu atau saat awal-awal masa pandemi Covid-19,” ujar Bambang, Selasa (3/11/2020).

| Baca Juga:  Penutupan Perpus Nasional Bung Karno Blitar Diperpanjang

Jumlah narapidana yang akan mendapat asimilasi ini diperkirakan masih bisa bertambah. Karena program asimilasi dari kementerian baru akan berakhir pada Desember 2020.

“Ada persyaratan yang harus dipenuhi jika napi ingin mendapatkan program asimilasi. Mereka harus sudah menjalani separuh masa hukuman. Selain itu, mereka juga harus memiliki catatan kelakuan baik,” ucapnya.

Bambang menambahkan, program ini khusus untuk napi yang tersangkut kasus sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012.

“Untuk narapidana kasus terorisme, korupsi, narkotika dan kejahatan keamanan negara tidak mendapat kesempatan program asimilasi,” pungkasnya.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma