Beranda Pemerintahan Terima Penghargaan Jatim Bejo, Walikota Kediri Harapkan UMKM Makin Go Digital

Terima Penghargaan Jatim Bejo, Walikota Kediri Harapkan UMKM Makin Go Digital

BERBAGI
Wali Kota Kediri terima penghargaan Jatim Bejo dari Gubernur Jawa Timur. (foto: istimewa)

AGTVnews.com – Kota Kediri mejadi salah satu dari 4 kabupaten / kota di Jawa Timur yang mendapat penghargaan atas komitmen untuk perubahan budaya kerja menuju modernisasi pengadaan barang/jasa dan meningkatkan peran serta pelaku UMKM Jawa Timur.

Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Indra Parawansa dan diterima oleh Walii Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, di Dyandra Convention Center Surabya, Kamis (19/11/2020).

Penghargan diberikan dalam acara Launching Pemanfaatan e-marketplace pengadaan barang/jasa melalui toko daring Jawa Timur Belanja Online (Jatim Bejo), Si Master dan Si Layar.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur mengatakan berbagai inovasi harus diinisiasi. Berbagai kreativitas yang bisa melahirkan efektivitas dan efisiensi serta transparansi harus dilakukan.

Salah satunya adalah transformasi digital. Proses transformasi digital harus dilakukan karena masing-masing OPD sudah memiliki aplikasi masing-masing. Hal yang dibutuhkan adalah sinergitas, konektivitas dan big data. Dengan demikian dari satu sumber akan bisa mengakses banyak informasi.

| Baca Juga:  Kota Kediri Ikut Serta Pecahkan Rekor Dunia Senam Poco-poco

Selain transformasi digital, Khofifah menyebut sumber daya manusia yang profesional juga dibutuhkan dan harus disiapkan. Jatim Bejo merupakan bagian dari transformasi digital.

Pemkot Kediri Terus Membuat Terobosan

Sementara itu, Wali Kota Kediri mengatakan dalam hal modernisasi pengadaan barang dan jasa sebenarnya Kota Kediri sudah sejak lama membuat terobosan-terobosan.

Dan dimasa pandemi ini UMKM-UMKM Kota Kediri diperbolehkan masuk ke marketplace yang sudah bekerjasama dengan Jatim Bejo. dengan cara ini Pemkot Kediri sudah bisa belanja di marketplace tersebut dan dapat memperkuat UMKM-UMKM yang ada di Kota Kediri.

Lebih lanjut, Wali Kota Kediri Abdullah Abu bakar berharap dengan semakin banyak UMKM yang go digital dan tergabung dalam Jatim Bejo ini bisa memenuhi kebutuhan Pemerintah Kota Kediri.

“Jadi kita nggak usah jauh-jauh ambilnya dari situ saja. Ini harapan saya seperti itu. Tetapi memang ada caranya yaitu tergabung dalam MBiz. Tentu itu meningkatkan akuntabilitasnya juga. Seperti harapannya Pak Presiden,” ujarnya.

| Baca Juga:  Terima Bantuan Masker, Walikota Kediri: Kita Akan Distribusikan untuk Tenaga Medis

Sementara itu Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kota Kediri Muklis Isnaini menyebut Kota Kediri sudah menggunakan Jatim Bejo ini mulai tahun ini 2020.

Namun penggunaan Jatim Bejo untuk pengadaan barang jasa masih terbatas hanya pada bagian-bagian di Sekretariat Daerah Kota Kediri dan juga Dinas Koperasi dan UMTK saja. Di tahun depan rencananya akan diterapkan di seluruh organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kota Kediri.

Perlu diketahui, daerah lain yang menerima penghargaan yakni Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lumajang.

Hadir pula dalam kegiatan ini Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Nurul Ghufron, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur Jumadi, jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kepala Daerah se-Jawa Timur.(*)

Reporter : Linda Kusuma
Editor : Yusuf Saputro