Beranda Pemerintahan Wali Kota Kediri Beri Paparan dalam Penilaian Evaluasi Smart City Tahap 1

Wali Kota Kediri Beri Paparan dalam Penilaian Evaluasi Smart City Tahap 1

BERBAGI
walikota Kediri dan tim Smart City Kota kediri beri paparan dalam evaluasi tahap 1 Samrt City Kota Kediri. (foto: istimewa)

AGTVnews.com – Kota Kediri menjalani evaluasi Tahap 1 sebagai smart city. Dalam evaluasi tersebut, wali kota kediri Abdullah Abu Bakar memberikan paparan didampingi oleh tim Smart City Kota Kediri.

Wali Kota Kediri mengungkapkan sejak awal menjabat berkomitmen untuk menjadikan Kota Kediri sebagai smart city. Beberapa program dibuat untuk mengatasi segala permasalahan yang ada di Kota Kediri dan diselesaikan juga secara smart.

“Contohnya saja Kota Kediri telah berkolaborasi dengan perguruan tinggi dengan membuat Kampung Senyum Kelurahan Pocanan, Mrican dan Ngletih. Kemudian kampung IVA yang pilot projectnya Kelurahan Campurejo. Selain perguruan tinggi, SMK di Kota Kediri juga dilibatkan dalam event tahunan Dhoho Street Fashion untuk membangun ekonomi dan branding Kota Kediri,” ujarnya.

| Baca Juga:  Bagikan Masker, Walikota Berharap PKK Mampu Gugah Kesadaran Masyarakat di Kota Kediri

Di masa pandemi seperti ini, banyak inovasi dibuat oleh Kota Kediri salah satunya dalam hal bantuan sosial.

Dikatakan Abdullah Abu Bkar, di awal pandemi banyak daerah yang disibukkan terkait bantuan sosial, namun Kota Kediri telah bekerjasama dengan bank untuk menyalurkan bantuan sosial melalui peluncuran kartu sahabat.

Dimana, datanya terintegrasi dengan DTKS dan NIK Dispendukcapil. Selain itu ada program Si Jamal yang menggandeng lembaga amal untuk membantu meringankan beban sesama yang kekurangan karena terdampak Covid-19. Karena banyak masyarakat pendapatannya menurun bahkan ada juga yang kehilangan pekerjaannya.

| Baca Juga:  SIMPEG, Mudahkan ASN Urus Keperluan Kepegawaian

Untuk tercapainya program Smart City di Kota Kediri, ada 6 pilar yang harus direalisasikan, diantaranya Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment..

Turut hadir dalam acara ini Plt Asisten Administrasi Umum Chevy Ning Suyudi, Ketua Tim Assesor Evaluasi Smart City Wikan Danarsunindyo, anggota tim assesor Farid Subkhan, Philip Gobang, Lukito Edi Nugroho, Bambang Dwi Anggono, Dwi Martina, dan Nova Zanda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD),  Pelaku UMKM, Komunitas, Perguruan Tinggi, sekolah, Penyandang Disabilitas, masyarakat yang join melalui Aplikasi Zoom. (*)

Reporter :Linda Kusuma
Editor : Yusuf Saputro