Beranda Hukum Kriminal Aksi Tipu-tipu di Kediri Tahun 2020 Meningkat

Aksi Tipu-tipu di Kediri Tahun 2020 Meningkat

BERBAGI
Kapolres Kediri Kota, AKBP Miko Indrayana. (foto : linda kusuma )

AGTVnews.com – Selama kurun waktu tahun 2020, Polres Kediri Kota mencatat adanya peningkatan kasus penyalahgunaan narkoba dan penipuan online. Dalam pers rilis, Kapolres Kediri Kota, AKBP Miko Indrayana mengatakan dua kasus tersebut menjadi atensi dari kepolisian Kediri Kota.

Dari catatan yang ada, selama tahun 2020 Satresnarkoba Polres Kediri Kota mengungkap 102 kasus penyalahgunaan narkotika dan obat keras berbahaya (okerbaya).

Sementara tersangka yang diamankan sebanyak 136 orang. Angka ini meningkat dibandungkan tahun sebelumnya yakni sebanyak 66 kasus dengan 88 tersangka.

| Baca Juga:  Merasa Sehat, Ratusan Warga Kedak Kediri Demo Tolak Rapid Test

“Di tahun ini yang mengalami peningkatan adalah peredaran narkoba. Namun demikian, petugas juga bergerak aktif dan berhasil melakukan ungkap peredaran narkoba ini. Untuk tindak pidana pencurian, ataupun kecelakaan lalu lintas cenderung semakin berkurang,” ucap kapolres, Selasa (29/12/2020).

Selain penyelahgunaan narkoba, ternyata tindak pidana penipuan online dimasa pandemi juga mengalami peningkatan. Kebanyakan para korban tergiur dengan harga barang yang murah. Setelah dilakukan transfer uang, ternyata barang tidak kunjung datang.

“Rata-rata penipuan ini terjadi melalui media sosial seperti facebook, instagram, ataupun media sosial yang lain. Kita sudah membentuk tim cyber untuk mendeteksi adanya akun abal-abal yang digunakan untuk menipu korbannya,” pungkasnya.

| Baca Juga:  Tukang Becak di Blitar Cicipi Sabu Biar Strong

Kapolres berharap angka kejahatan dan juga kecelakaan di Kota Kediri akan bisa semakin ditekan. Selain itu, kapolres juga terus mengingatkan masyarakat untuk tetap patuh dan disiplin dengan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran covid-19 di wilayah hukum Polres Kediri Kota. (*)

Reporter : Linda Kusuma
Editor : Yusuf Saputro