Beranda Politik Hasil Rekapitulasi KPU Kabupaten Kediri Paslon Tunggal Menang

Hasil Rekapitulasi KPU Kabupaten Kediri Paslon Tunggal Menang

BERBAGI
PPK dari salah satu Kecamatan di Kabupaten Kediri, melakukan penghitungan surat suara dari tingkat kecamatan. (foto : linda kusuma)

AGTVnews.com – Hasil rekapitulasi penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menunjukkan pasangan calon tunggal, Hanindito Himawan Pramana – Dewi mariya Ulfa, menang dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020.

Dari hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU di Gedung Bagawanta Bhari, didapat hasil pasangan Dhito-Dewi memeperoleh 590.644 suara, sementara kolom kosong mendapat 181.155 suara. Untuk suara sah sebanyak 771.799 dan suara tidak sah sebanyak 32.058.

Komisioner KPU Divisi tehnis Penyelenggaraan, Anwar Ansori mengatakan, hasil perhitungan yang dilakukan KPU berbeda dengan penghitungan perkiraan perolehan suara yang dilakukan sebelumnya. Meski demikian pasangan calon tunggal Dhito – Dewi menang di pilkada Kabupaten Kediri.

| Baca Juga:  Optimis Direkom Banteng, Mujahid-Eko Kembalikan Formulir Pendaftaran Bacalon Bupati Kediri

” Dari hasil rekapitulasi KPU, Dhito-Dewi mendapatkan 76,5% sementara untuk kolom kosong 23,5%. Untuk tingkat kehadiran partisipasi pemilih sebanyak 65 %,” ucap Anwar.

Perbedaan hasil ini, karena sebelumnya ada kekeliruan pada pemilih disabilitas. Pemilih disabilitas rat-rata belum masuk kedalam rekap, sehingga muncul adanya selisih. “Selisih ini sudah kita perbaiki melalui aplikasi si Rekap. Dari aplikasi ini akan bisa dilihat data yang kurang dimana di tiap TPS yang ada,” paparnya.

Anwar mengakui, masih ada kekurangan dalam penggunaan aplikasi si Rekap. namun demikian hal tersebut sudah bisa teratasi. ” Karena ini aplikasi yang masih baru, jadi kita belum terbiasa. Kita juga tidak bisa memprediksi jika terjadi hal-hal diluar prediksi, seperti server macet, ataupun hal lainnya,”pungkasnya.

| Baca Juga:  Bakal Calon Walikota Blitar dari PPP mengerucut 4 Nama

Proses rekapitulasi penghitungan surat suara pemilihan Bupati dan |Wakil Bupati Kabupaten Kediri ini dimulai pada Selasa (15/12/2020) pada pukul 09.00 wib. Kegiatan penghitungan untuk 26 Kecamatan ini berakhir pada Rabu (16/12/2020) pukul 04.00 dinihari. (*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Kediri