Beranda Politik KPU Kota Blitar Gelar Pleno Rekapitulasi Pilwali 2020

KPU Kota Blitar Gelar Pleno Rekapitulasi Pilwali 2020

BERBAGI
Pleno penghitungan surat suara yang digelar oleh KPU Kota Blitar. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar menggelar rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilihan walikota dan wakil walikota Blitar 2020. Tahapan ini digelar di salah satu hotel, Selasa (15/12/2020).

Dalam rekapitulasi tersebut KPU menetapkan perolehan suara pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota nomor urut 01 Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto sebanyak 37.362 suara. Sementara Paslon petahana Santoso-Tjujuk Sunario memperoleh total suara 50.258.

Suara sah terhitung 87.620 dan suara tidak sah 3288. Dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) 114.890 yang menggunakan hak pilihnya mencapai 90.908.

| Baca Juga:  KPU Kabupaten Kediri Launching Mobil Pintar Pemilu Digital

“Alhamdulillah kegiatan rekapitulasi berjalan lancar dan tidak ada dinamika yang menghambat jalannya rekapitulasi tingkat kota ini,” ujar Ketua KPU Kota Blitar Koirul Umam usai pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilihan walikota dan wakil walikota Blitar 2020.

Dalam Pilwali Blitar 2020 dua Paslon berebut suara untuk memimpin Kota Blitar. Keduanya adalah paslon nomor urut 01 Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto yang diusung PKB, PKS dan Partai Golkar. Sementara paslon petahana yang memperoleh nomor urut 02 Santoso-Tjujuk Sunario diusung koalisi gemuk PDIP, Partai Gerindra, PPP, Partai Demokrat dan Partai Hanura.

| Baca Juga:  KPU Kediri Gelar Debat Terakhir Paslon Tunggal

Dalam Pilwali Blitar 2020, KPU Kota Blitar juga berhasil menorehkan prestasi dengan tingkat partisipasi pemilih mencapai 79,2 persen melebihi target nasional yang hanya 77 persen.

“Banyak pihak yang membantu kami dalam upaya melakukan sosialisasi. Termasuk pemberitaan positif yang juga masif,” pungkasnya.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro