Beranda Peristiwa Malam Tahun Baru, Ruas Jalan Utama Pusat Kota Blitar Ditutup Total

Malam Tahun Baru, Ruas Jalan Utama Pusat Kota Blitar Ditutup Total

BERBAGI
Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard F Sinambela. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Sejumlah ruas jalan utama menuju pusat Kota Blitar bakal ditutup total pada malam tahun baru. Penutupan dimulai sejak pukul 20.00 WIB, Kamis (31/12/2020) sampai pukul 04.30 WIB pada Jumat (1/1/2021).

Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, ruas jalan yang ditutup diantaranya adalah Jalan Merdeka, mulai perempatan Bank BRI hingga Jalan Merdeka barat di perempatan Toko Ijo.

“Penutupan dimulai pukul 20.00 WIB. Jadi ini akan berproses mungkin satu jam, sambil menunggu pusat-pusat perbelanjaan di sekitar jalan tersebut tutup. Sehingga sekitar pukul 21.00 WIB sudah tidak ada aktivitas,” ujar Leonard, Rabu (30/12/2020).

| Baca Juga:  Curi Sapi Brahman, Laki-laki Ini Berniat Bayar Hutang

Penutupan dilakukan mengurangi kepadatan dan potensi kerumunan. Setiap tahun alun-alun Kota Blitar menjadi sasaran atau tujuan perayaan tahun baru. Dikhawatirkan pada tahun ini juga akan terjadi kerumunan, meski Pemerintah Kota Blitar tidak membuat kegiatan perayaan tahun baru atau pesta kembang api.

“Tahun ini Pemkot Blitar tidak melaksanakan kegiatan perayaan tahun baru termasuk pesta kembang api yang biasanya digelar di alun-alun. Namun kita tetap melakukan upaya sebagai langkah antisipasi. Selain itu semua kegiatan yang berpotensi mengundang kerumunan juga dilarang untuk dilaksanakan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tegasnya.

| Baca Juga:  Ini Kronologi Penangkapan Wanita Pengendara Mobil Ugal-ugalan di Blitar

Selain ruas jalan utama ini, jalan-jalan sayap yang mengarah ke Jalan Merdeka juga ditutup. Sejumlah petugas akan disiagakan di perbatasan kota untuk melakukan screening terhadap kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang akan memasuki jalur yang disterilkan.

“Perbatasan-perbatasan kota akan kita screening karena tidak mungkin menutup semua karena pasti ada kegiatan ekonomi. Jadi kita screening apabila ada kelompok masyarakat konvoi menggunakan motor atau mobil kita akan putar balik,” pungkasnya.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma