Beranda Peristiwa Terdampak Pandemi, Pemohon Pasport di Kediri Turun

Terdampak Pandemi, Pemohon Pasport di Kediri Turun

BERBAGI
proses penerbitan pasport dimasa pandemi. (foto : istimewa)

AGTVnews.com – Penerbitan pasport di kantor Imigrasi Kediri selama kurun waktu 2020 mengalami penurunan drastis. Penurunan ini terjadi karena adanya pandemi Covid-19. Dengan kondisi ini banyak negara melakukan pembatasan masuk bagi warga asing.

Dalam pers rilis, Kepala Kantor Imigrasi Kediri Erdiansyah mengatakan, saat pandemi dalam satu hari rat-rata Imigrasi Kediri hanya melayani 10- hingga 20 pemohon. Angka ini jauh berbeda sebelum adanya pandemi yang mencapai 100 pemohon.

“Penerbitan paspor sepanjang tahun 2020, turun drastis hingga 62%. Pada tahun 2019 tercatat 27.938 paspor, pada tahun 2020 menjadi 10.604 paspor,” jelas Erdiasyah, Rabu (30/12/2020).

Erdiansyah mengungkapkan permohonan paspor dari masyarakat rata-rata untuk tujuan ibadah umroh/haji.

| Baca Juga:  2 Staff Terpapar Covid-19, Imigrasi Kediri Tutup Layanan

“Namun ada juga yang mengajukan untuk menjadi pekerja migran, keperluan wisata atau kuliah. Karena saat ini masih pandemi, negara yang membuka wilayahnya masih terbatas sehingga masyarakat juga menunda mengajukan paspor,” paparnya.

Untuk pelayanan orang asing, Kantor Imigrasi Kediri telah mengeluarkan 186 Izin Tinggal Kunjungan, 319 Izin Tinggal Terbatas, dan 8 Izin Tinggal Tetap.

“Orang asing yang tinggal di wilayah Kota dan Kabupaten Kediri, Nganjuk dan Jombang sebagian besar adalah pelajar/mahasiswa, santri, Tenaga Kerja Asing/Investor. Mereka berasal dari beberapa negara diantaranya Malaysia, Timor Leste, Tiongkok, Thailand, Korea Selatan dan negara lainnya,” tambah Erdiansyah.

| Baca Juga:  Imigrasi Kediri Batalkan Paspor dari Dokumen Aspal

Kantor Imigrasi Kediri juga telah melakukan penegakan hukum keimigrasian berupa kewajiban membayar denda tinggal lajak (overstay) kepada 8 Warga Negara Asing (WNA) dan deportasi kepada 4 WNA yang melakukan pelanggaran keimigrasian.

Sementara itu, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Kantor Imigrasi Kediri melakukan pembatasan untuk pemohon pasport. Dalam satu hari hanya melayani 50 pemohon saja.

Petugas dan masyarakat diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan juga menjaga jarak. Meja pelayanan di kantor imigrasi juga dibatasi dengan kaca pembatas serta secara berkala dilakukan penyemprotan disinfektan.(*)

Reporter : Linda Kusuma
Editor : Yusuf Saputro