Beranda Kesehatan 2 Ribuan Nakes Kota Blitar Jadi Sasaran Pertama Vaksin Covid-19

2 Ribuan Nakes Kota Blitar Jadi Sasaran Pertama Vaksin Covid-19

BERBAGI
Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Blitar, Didik Jumianto. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Sebanyak 2.675 tenaga kesehatan (nakes) di Kota Blitar menjadi sasaran pertama pemberian vaksin Covid-19. Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Blitar, Didik Jumianto mengatakan jumlah tersebut kemungkinan masih bisa bertambah. Artinya, satgas Covid-19 Kota Blitar masih akan mendata lagi jumlah nakes dan tenaga penunjang di fasilitas kesehatan yang akan mendapatkan vaksin Covid-19.

“Tahap pertama diutamakan nakes dan penunjang di faskes. Pendataan sasaran nakes telah dilakukan bidang pelayanan kesehatan. Sejauh ini sudah didapat sasaran 2.675 dan hingga saat ini pendataan masih terus berlangsung,” ujar Didik, Rabu (6/1/2021).

| Baca Juga:  Sopir Freelance Blitar-Jakarta Tambah Angka Penderita Positif di Kota Blitar

Selain pendataan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar juga telah menyiapkan 105 vaksinator yang bertugas memberikan vaksin.

“Jadi peran Dinkes selain menyiapkan vaksinator juga harus
melakukan advokasi dan sosialisasi, fasilitasi orientasi petugas vaksin, fasilitasi promosi vaksin Covid-19, input aplikasi layanan dan penyimpanan vaksin dan logistik lain,” jelasnya.

Lebih jauh, Didik menuturkan, untuk tempat vaksinasi akan dilaksanakan di di tiga Puskesmas, lima Rumah Sakit, dan tiga klinik di Kota Blitar. “Untuk selanjutnya kami menunggu petunjuk teknis,” imbuhnya.

| Baca Juga:  Terimbas Covid-19, Puluhan Anak di Tulungagung Dapat Pendampingan Psikologi

Didik berharap semua yang menjadi sasaran pemberian vaksin untuk mengikuti aturan. Mereka yang terdaftar sebagai penerima vaksin datanya akan masuk aplikasi.

“Aplikasi itu sifatnya tersambung ke TNI dan POLRI. Jadi bila ada yang menolak itu tugas TNI dan POLRI,” pungkasnya.

Saat ini Pemerintah Kota Blitar tinggal menunggu droping vaksin dari provinsi Jawa Timur. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma