Beranda Peristiwa Banjir di Kota Kediri Rendam Puluhan Hektar Sawah

Banjir di Kota Kediri Rendam Puluhan Hektar Sawah

BERBAGI
kondisi sawah di Kelurahan Gayam Kota kediri terendam banjir. (foto: linda kusuma)

AGTVnews.com – Banjir yang menggenang di beberapa titik di wilayah Kota Kediri pada Kamis (6/1/2021) saat ini sudah terlihat surut.

Satu diantaranya di Jalan Brawijaya Kota Kediri. Warga terlihat sudah beraktifitas seperti biasa. Sedikit sisa genangan air masih nampak, namun tidak ada sampah ataupun material yang terbawa banjir.

Kondisi yang sama juga terlihat di wilayah Kaliombo maupun di Pasar Setono Betek. Dua tempat ini diketahui juga sempat terendam banjir dengan genangan yang cukup tinggi.

| simak video berita terkait:

Namun demikian, banjir ini masih menggenang di wilayah Kelurahan Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Puluhan hektar sawah milik petani di wilayah tersebut terendam air. Lebih dari 10 hektar sawah yang baru tanam kondisinya terendam.

| Baca Juga:  Antar Dewa ke Khayangan, Umat Tionghoa Kota Kediri Gelar Sembahyang dan Bersihkan Patung Klenteng

Menurut salah satu petani, Nursalam, sawah milik warga ini baru saja ditanami padi. Jika air bisa surut dalam waktu satu hari, maka tanaman padi ini masih bisa selamat dan tidak membusuk.

“Kalau airnya bisa segera surut, sawahnya masih bisa selamat. Tapi kalau terendam banjir seperti ini lebih dari satu hari ya mati, rugi,” ucapnya, Kamis (7/1/2021).

Dikatakannya, banjir ini juga sempat masuk ke rumah warga, namun tidak parah. Tidak sampai merendam perabotan.

“Airnya juga sempat masuk, ke rumah-rumah warga tapi tidak begitu parah. Malam sekitar jam 1 an sudah surut airnya,” tutur Nursalam.

| Baca Juga:  Puluhan Pengungsi Kabupaten Ponorogo Kekurangan Selimut

Nursalam hanya bisa berharap, air yang merendam sawah miliknya bisa segera surut, sehingga tanaman padi miliknya bisa diselamatkan. (*)

Reporter : Linda Kusuma 
Editor : Yusuf Saputro