Beranda Ekonomi Bisnis Harga Naik, Pedas Cabai Semakin Menggigit

Harga Naik, Pedas Cabai Semakin Menggigit

BERBAGI
harga cabai di Kabupaten Blitar mengalami kenaikan hingga tembsu Rp 80.000/kg. (foto ; ana alana)

AGTVnews.com – Harga cabai di Kabupaten Blitar tembus hingga Rp 80.000 perkilogram. Kenaikan bumbu dapur bercita rasa pedas ini terjadi sejak memasuki tahun 2021. Harga ini akan sedikit lebih murah, jika cabai merah dijual campur dengan cabai yang masih hijau.

“Kenaikan itu mulai sejak awal bulan Januari, sebelumnya sekitar bulan November sampai Desember harga cabai masih sekitar Rp 30.000 perkilogram. Paling mahal Rp 40.000 perkilogram,” kata salah satu pedagang di pasar tradisional Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Rabu (7/1/2021).

Tingginya harga ini juga dibarengi dengan pasokan yang minim. “Kalau cabai sebenarnya meskipun mahal tetap ada yang beli. Tapi kalau pasokan minim seperti sekarang ini ya kami juga tidak tau harus berbuat apa,” imbuhnya.

| Baca Juga:  Ratusan Warga Protes Pembangunan Pabrik Gula

| simak video berita terkait:

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Blitar, Tavip Wiyono menjelaskan, kenaikan harga cabai yang terjadi di Kabupaten Blitar dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor utama adalah karena cuaca. Karena di musim penghujan tanaman cabai rawan diserang hama sehingga mempengaruhi panen petani.

“Bisa karena cuaca, di saat musim hujan seperti ini biasanya tanaman cabai itu riskan terserang hama, sehingga yang dipanen petani pada juga tidak dapat optimal,” tuturnya.

Ditambah lagi, lanjut Tavip, saat ini jumlah petani cabai yang ada di Kabupaten Blitar tidak sebanyak dulu, sehingga membuat Blitar menggantungkan pasokan cabai dari wilayah lain.

| Baca Juga:  Halau Pemudik, 7 Pos Check Point Didirikan di Blitar

“Jadi bukan karena ditimbun atau ada permainan. Tapi, berdasarkan pantauan yang kami lakukan, memang di setiap akhir atau awal tahun pasti akan terjadi kenaikan harga. Baik bahan pokok maupun bumbu dapur. Jadi hal semacam ini bukanlah sesuatu yang baru,” imbuhnya.

Kenaikan harga cabai ini terjadi tidak hanya di wilayah Kabupaten Blitar saja, namun juga di sejumlah wilayah lain di Jawa Timur. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma