Beranda Peristiwa Hujan Deras 2 Jam, Kota Kediri Dikepung Banjir

Hujan Deras 2 Jam, Kota Kediri Dikepung Banjir

BERBAGI
Kondisi banjir yang terjadi di wilayah Semampir. (foto : istimewa)

AGTVnews.com – Hujan deras dari pukul 16.00 wib hingga pukul 18.00 wib, di wilayah Kota Kediri mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir, Rabu (6/1/2021). Intensitas hujan yang tinggi, mengakibatkan selokan dan saluran air yang ada tidak mampu menampung debit air.

Dari pantauan yang ada, banjir terjadi di jalan Brawijaya, jalan Hasanudin, wilayah semampir, dan juga di wilayah Ngampel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Genangan air cukup tinggi hingga mencapai pinggang  orang dewasa.

Sejumlah pengendara memilih untuk berhenti dan menunggu air sedikit surut agar bisa dilewati. Tidak sedikit pengendara yang nekat menerjang banjir,harus menuntun kendaraannya karena mogok.

| Baca Juga:  Peringati Hari Santri, Ribuan Santri Lirboyo Unjuk Aksi

| simak video berita terkait:

Koordinator relawan BPBD Kota Kediri, Bambang Rihadi mengatakan, dari hasil mitigasi diketahui, luapan air terjadi karena tingginya curah hujan. Sejumlah selokan dan drainase tidak mampu menampung luapan air. Tidak terlihat adanya  tumpukan sampah yang menyumbat di selokan maupun drainase.

“Ini karena memang curah hujannya yang tinggi. Dari hasil pantauan di lapangan, sejumlah selokan dan saluran drainase airnya lancar, deras mengalir. Jadi tidak ada tumpukan sampah,” jelasnya.

Dimungkinkan aliran air  dari beberapa wilayah di Kota Kediri, terpusat di Kecamatan Kota. Kondisi ini menyebabkan genangan air yang semakin menumpuk dan tinggi.

| Baca Juga:  Sangat Mulia, Wartawan Bantu Selamatkan Korban Kecelakaan Kerja

“Yang harus hati-hati untuk wilayah di sekitar simpang empat Baruna, di jalan Brawijaya, karena aliran air cukup deras dan juga airnya cukup tinggi. Sementara untuk di wilayah Ngampel, kita berharap air sungai Kresek tidak meluber. Sehingga banjir tidak semakin parah,” ucapnya.

Bambang memastikan, jika hujan sedikit reda, maka diperkirakan sekitar 6 jam genangan air sudah bisa surut. (*)

Reporter : Linda Kusuma
Editor : Yusuf Saputro