Beranda Pemerintahan Kasus Covid-19 Melejit, Kabupaten Blitar Kembali Larang Hajatan

Kasus Covid-19 Melejit, Kabupaten Blitar Kembali Larang Hajatan

BERBAGI
data pasien Covid-19 di Kabupaten Blitar per 6/1/2021. (sumber : pemkab blitar)

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar kembali memperketat sejumlah kegiatan masyarakat. Hal ini karena semakin tingginya penambahan kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Blitar.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan salah satu kegiatan warga yang dibatasi adalah hajatan.

Gelaran hajatan masyarakat harap ditunda. Hal ini dilakukan untuk mengendalikan kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar.

| simak video berita terkait:

“Hajatan kembali tidak diperbolehkan. Kami minta warga untuk menunda dulu. Atau melakukan akad nikah saja tanpa menggelar pesta. Itupun orangnya dibatasi maksimal hanya 30 orang,” ujar Krisna, Kamis (7/1/2021).

| Baca Juga:  Libur Nataru, Tempat Wisata Kabupaten Blitar Akan tetap Dibuka

Pemkab Blitar telah menyusun aturan soal pelarangan gelaran hajatan. Peraturan itu nantinya juga akan mencakup soal kegiatan masyarakat lainnya yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Soal aturan masih kami bahas. Nanti akan kami sampaikan melalui surat edaran (SE) diteruskan oleh camat ke masyarakat. Hal ini nantinya juga akan mengatur soal kegiatan masyarakat lainnya yang sifatnya mengumpulkan massa agar tidak ada klaster baru,” tegasnya.

Krisna menegaskan, bagi masyarakat yang membandel pihaknya menyerahkan penindakan kepada Satpol PP dan kepolisian. “Masyarakat yang membandel melakukan hajatan pesta kita serahkan penindakan ke Satpol PP dan kepolisian,” pungkasnya.

| Baca Juga:  Sugeng Tindak Pak, Blitar Berduka

Sebelumnya Pemkab Blitar telah membatasi kegiatan masyarakat termasuk hajatan pada awal kasus Covid-19 tahun 2020 lalu. Seiring berjalannya waktu, kegiatan masyarakat diperbolehkan kembali dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Namun saat ini, kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar semakin mengkhawatirkan. Setiap harinya selalu ada puluhan bahkan ratusan kasus konfirmasi positif baru. Kabupaten Blitar juga kembali berstatus zona merah penularan Covid-19.

Data Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar saat ini jumlah komulatif pasien Covid-19 sebanyak 2.160,  1.739 diantaranya dinyatakan sembuh, 156 meninggal dunia.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma