Beranda Viral Mak Rini, Wanita Pertama yang Jadi Bupati Blitar

Mak Rini, Wanita Pertama yang Jadi Bupati Blitar

BERBAGI
Rini Syarifah atau yang kerap disapa mak Rini, sosok wanita pertama Bupati pilihan warga Blitar. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Rini Syarifah atau yang akrab disapa Mak Rini kini ramai diperbincangkan, terlebih di Kabupaten Blitar. Tidak ada yang mengenal siapa Mak Rini, tiba-tiba sosok ini muncul sebagai calon bupati Blitar dalam kontestasi pemilihan Kepala daerah (Pilkada) 9 Desember lalu. Lebih mengejutkan lagi, wanita berhijab ini mampu menumbangkan pasangan petahana.

Wanita 43 tahun ini, sama sekali baru di dunia politik Kabupaten Blitar. Sehari-hari wanita ini berkecimpung diudnia usaha buku dan konveksi. Namun ayah Mak Rini, Musa Ismail adalah tokoh NU di Blitar sekaligus sebagai pendiri PKB di KOta Blitar.

| Baca Juga:  Kabupaten Blitar Tambah 2 Pasien Positif, Keduanya Meninggal Usai Hasil Test Keluar

Lahir dari 11 bersaudara, ternyata adik dan kakak Mak Rini sudah lebih dulu terjun ke dunia politik. Purnawan Bukhori, mantan wakil wali Kota Blitar merupakan kakak Mak Rini. Purnawan Bukhori mendampingi wali kota Samanhudi Anwar pada periode pertama kepemimpinannya.

| simak video berita terkait:

Kemudian, Mohammad Trobroni atau Kak Toni merupakan adik mak Rini, juga pernah mengikuti penjaringan calon Walikota Blitar di DPC PKB Kota Blitar. Meski akhirnya gagal dalam penjaringan internal PKB.

Mak Rini kini sah sebagai Bupati terpilih Kabupaten Blitar. Bersama Rahmat Santoso waki Bupati Blitar terpilih, keduanya akan memimpin Kabupaten Blitar hingga 2025 mendatang. Wanita yang tinggal di Jalan Rinjani Kota Blitar ini berharap, masyarakat di Kabupaten Blitar maju bersama membangun Kabupaten Blitar.

| Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar Meningkat Terbanyak dari Klaster Pondok

Simak juga berita : Tampilan Modis Mak Rini Bupati Pilihan Warga

“Saatnya semua masyarakat bersatu, untuk membangun Kabupaten Blitar. Tidak ada nomor satu atau nomor dua. Yang ada sekarang Sila ke-3 yaitu Persatuan Indonesia. Mari bersama-sama kita membangun Kabupaten Blitar, mengatasi permasalahan utamanya soal penanganan pandemi Covid-19,” ucapnya. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma