Beranda Politik Mak Rini- Makdhe Rahmat Sah Jadi Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih...

Mak Rini- Makdhe Rahmat Sah Jadi Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Blitar

BERBAGI
pasangan Rini Syarifah dan Rahmat Santoso sah ditetapkan sebagai pasangan Bupati dan wakil Bupati Blitar terpilih. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar menetapkan pasangan Rini Syarifah dan Rahmat Santoso sebagai Bupati dan Wakil Bupati Blitar terpilih pada Pilkada serentak tahun 2020 lalu.

Paslon Rini-Rahmat ditetapkan sebagai pemenang Pilkada dalam Rapat Pleno Terbuka yang digelar KPU Kabupaten Blitar, Sabtu (23/1/2021).

Dengan ditetapkannya pasangan yang diusung PKB, PAN dan PKS ini sekaligus mengukir sejarah baru di Kabupaten Blitar. Rini Syarifah yang biasa disapa Mak Rini tersebut akan menjadi bupati perempuan pertama di Kabupaten Blitar.

| Baca Juga:  Serius Cegah Botoh di Pilkada, Ini Yang Dilakukan Kepolisian Blitar

| simak video berita terkait:

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa mengatakan, pilkada Kabupaten Blitar tidak memiliki gugatan perselisihan hasil Pilkada Kabupaten Blitar di Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia.

“Ini sesuai dengan PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota,” katanya.

Setelah mendapatkan surat resmi dari KPU RI terkait dengan penetapan pemenang Bupati dan Wakil Bupati, pihaknya memiliki kewajiban untuk segera menindaklanjuti paling lama lima hari untuk menetapkan di tingkat daerah.

| Baca Juga:  Jelang Pilbup Blitar Peta Politik Mulai Memanas dan Makin Dinamis

“Alhamdulillah, pada tahun ini tingkat partisipasi di masyarakat pada pemilu naik sebesar 11 persen,” ujar Hadi.

Dalam rapat pleno rekapitulasi suara KPU Kabupaten Blitar Paslon nomor urut 02 Rini-Rahmat mendapatkan 365.365 suara atau 58,84 persen. Sedangkan pasangan petahana Rijanto-Marheinis Urip Widodo hanya mendapat dukungan 255.604 suara atau 41,16 persen.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma