Beranda Pemerintahan Pemkot Kediri Kawal Pembagian BST Agar Sesuai Kriteria

Pemkot Kediri Kawal Pembagian BST Agar Sesuai Kriteria

BERBAGI
salah satu warga di Kota Kediri penerima BST. (foto : istimewa)

AGTVnews.com – Kementrian Sosial RI kembali membagikan Bantuan Sosial Tunai bagi sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pada Januari 2021 ini, pembagian BST masuk pada tahap 10.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri, Triyono Kutut Purwanto mengatakan, jumlah KPM di Kota Kediri mencapai 10 ribu lebih KPM. Data tersebut langsung dari pusat yang diteruskan ke daerah.

“Data baru kami terima minggu ini tepatnya hari Selasa, (5/1/2021) kemarin dan berpedoman dari data ini kami menyalurkan bantuan dan melakukan verifikasi,” jelasnya, Jumat (8/1/2021).

Dikatakan Kutut, pembagian BST ini masih sama seperti tahap sebelumnya, bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia. Namun, untuk menjaga penerapan protokol kesehatan tetap berjalan, pembagian dilakukan disejumlah tempat.

| Baca Juga:  Mas Abu Luncurkan 500 Mitra Bukalapak Kota Kediri

“Penyaluran bantuan sosial tunai ini kami lakukan tidak hanya di Kantor Pos, tetapi juga di sejumlah kelurahan untuk memecah kerumunan,” ucapnya.

Kutut menegaskan akan terus mengawal pembagian BST ini agar sesuai dengan kriteria. “Kami terus kawal dan lakukan verifikasi kepada penerima bantuan sosial ini, bilamana penerima tidak sesuai dengan kriteria, ya terpaksa harus kami hentikan dan kami alihkan ke yang lebih berhak,” tegasnya.

Kutut menyebut, pada tahun 2020 lalu sekitar 99% warga Kota Kediri mayoritas sudah menerima bantuan.

| Baca Juga:  Pemkot Kediri Dorong Migrasi UMKM ke Pemasaran Digital di Era Pandemi

Ditahun 2021 ini, sejumlah bantuan yang rencananya akan disalurkan disamping BST ini ada bantuan BPNT Reguler, BPNTD, dan bantuan khusus difabel. Sedangkan untuk bantuan dari provinsi yaitu Jaringan Pengaman Sosial (JPS) sudah berhenti begitu pula dengan SAHABAT.

“Oleh karena itu, verifikasi ini benar-benar kami lakukan dengan teliti, jadi yang tidak sesuai kriteria bisa dialihkan kepada yang benar-benar sangat membutuhkan”, pungkasnya. (*)

Reporter : Linda Kusuma 
Editor : Yusuf Saputro