Beranda Pemerintahan Ribuan Nakes di Kediri Serentak Terima Vaksin Covid-19

Ribuan Nakes di Kediri Serentak Terima Vaksin Covid-19

BERBAGI
Bupati Kediri, dr Haryanti Sutrisno saat membuka pencanangan vaksin covid-19. (foto : istimewa)

AGTVnews.com – Ribuan tenaga kesehatan di Kabupaten Kediri serentak mendapatkan vaksin Sinovac, Kamis (28/1/2021). Pemberian vaksin ini disebar di 68 fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Kediri.

Bupati Kediri, dr Hj Haryanti Sutrisno membuka kegiatan pencanangan vaksin Covid-19 di Kabupaten Kediri, Kamis (28/1/2021). Dalam pencanangan ini 10 dosis vaksin diberikan kepada Forpimda serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati meminta kepada warga masyarakat untuk tetap patuh menjalankan protokol kesehatan. Hal ini untuk mejaga diri sendiri dan juga orang lain agar tidak terpapar virus corona.

| simak video berita terkait:

“Sasaran vaksin ini untuk pertama kali adalah para tenaga kesehatan. Mereka yang berada di garda terdepan. Mereka ini tidak hanya memikirkan keselamatan diri sendiri, namun memikirkan keselamatan masyarakat, dan juga keluarganya,” ucap Bupati.

| Baca Juga:  Pemkab Kediri Salurkan Beras Untuk Warga Kurang Mampu di 8 Kecamatan

Dalam kegiatan ini, Kapolres Kediri, AKBP Lukman Cahyono menjadi yang pertama mendapatkan dosis vaksin Sinovac. Setelah menjalani skrinning, Kapolres kemudian menerima vaksin.

Usai divaksin, Kapolres mengaku tidak merasakan efek samping apapun. “Aman, tidak ada efek apapun ini. Baik-baik saja,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menjelaskan, pemberian vaksin Sinovac ini dilakukan serentak di Kabupaten Kediri untuk 4.640 tenaga kesehatan. Di masing-masing faskes akan ada vaksinator sebanyak 3 sampai 5 orang.

“Targetnya ini nanti akan rampung dalam beberapa hari kedepan. Akhir Januari selesai dan kita lanjut untuk dosis kedua 14 hari kemudian.” jelasnya.

| Baca Juga:  Peringati Hari Jadi, Pemkab Kediri Gelar Jambore Sepeda

Untuk vaksin Sinovac ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yakni, rentang usia antara 18 hingga 59 tahun, tidak kormobid, tidak sedang hamil dan menyusui dan tidak pernah terinfeksi Covid-19.

Untuk diketahui, pada pencanangan ini Bupati Kediri tidak mendapatkan vaksin, karena ada persyaratan yang tidak memenuhi, yakni usia.  Vaksin Covid-19 akan diberikan kepada Bupati pada tahap berikutnya.(*)

Reporter : Linda Kusuma
Editor : Yusuf Saputro