Beranda Pemerintahan Siap Laksanakan Vaksin Covid-19, Pemkot Kediri Sediakan 15 Lokasi

Siap Laksanakan Vaksin Covid-19, Pemkot Kediri Sediakan 15 Lokasi

BERBAGI
wali Kota Kediri didampingi Kadinkes Kota Kediri meninjau langsung simulasi vaksinasi Covid-19 di Kota Kediri. (foto : istimewa)

AGTVnews.com – Pemerintah Kota Kediri siap melaksanakan vaksin Covid-19 kepada sejumlah masyarakat penerima. Ada 15 titik yang nantinya akan digunakan untuk pelaksanaan vaksin ini. Tempat yang disediakan diantaranya, 9 puskesmas dan 6 rumah sakit di Kota Kediri.

Untuk mengantisipasi ketidaktahuan masyarakat yang akan mendapat vaksin, Pemkot menggelar simulasi vaksin. Kegiatan ini ditinjau langsung wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dr Fauzan Adima.

“Sistem pemberian vaksin ini dari BPJS. Nanti setiap puskesmas akan memberikan 20 vaksin kepada 20 orang. Hari pertama kemungkinan pada tanggal 14 atau 15 Januari. Vaksin Covid-19 pertama diberikan kepada saya, Forkopimda Kota Kediri, tokoh masyarakat, dan nakes. Saya pastikan bahwa vaksin ini benar-benar bagus dan baik,” kata Wali Kota Kediri, Senin (11/1/2021).

| Baca Juga:  Kota Kediri Tidak Adakan Pengajuan Beasiswa, Wali kota : Itu Hoax

Pada saat simulasi, mas Abu sapaan akrab wali kota mengingatkan kepada vaksinator, terkait adanya potensi server down untuk program aplikasi vaksin. “Karena diakses seluruh Indoesia, hati-hati jika servernya nanti down. Bisa di back up dengan pencatatan manual sesuai instruksi Kementrian Kesehatan,” ucapnya.

Mas Abu meminta masyarakat tidak perlu takut untuk diberi vaksin ini, karena vaksin ini baik dan halal. “Supaya vaksinasi ini berhasil, kita tidak perlu khawatir, karena kita harus terus melanjutkan kehidupan dan maksimal dalam bekerja sehingga mudah-mudahan dengan adanya vaksin ini kita bisa mengendalikan covid-19 dan bisa memiliki imun yang kuat,” tambahnya.

Alur Pelayanan Vaksin Covid-19

Alur pelayanan vaksinasi covid-19 ini dimulai dari Pendaftaran, skrining, vaksinasi, konsultasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), serta dilakukan observasi 30 menit sambil dipantau tenaga kesehatan.

| Baca Juga:  Walikota Kediri Tandatangani Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Pada tahap pendaftaran, penerima vaksin diminta untuk menunjukkan KTP/E-Tiket dan petugas akan melakukan pengecekan data penerima vaksin pada aplikasi pcare vaksinasi. Setelah itu, penerima vaksin menuju meja skrining untuk dilakukan pengecekan kesehatan dan memastikan sesuai kriteria penerima vaksin.

Setelah memenuhi kriteria sebagai penerima vaksin, tahapan selanjutnya akan disuntik vaksin covid-19. Setelah diberi vaksin, nanti penerima vaksin akan diberi kartu vaksinasi kemudian menuju tempat observasi selama 30 menit untuk melihat apakah terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau tidak.

Bila penerima vaksin setelah 30 menit tidak mengalami gejala apapun diperbolehkan untuk meninggalkan ruangan dan apabila penerima vaksin mengalami keluhan akan dilakukan penanganan lebih lanjut.(*)

Reporter : Linda Kusuma 
Editor : Yusuf Saputro