Beranda Hukum Kriminal Tak Disiplin Prokes di Blitar, Akan Kena Tipiring

Tak Disiplin Prokes di Blitar, Akan Kena Tipiring

BERBAGI
petugas gabungan menggelar operasi yustisi di salah satu pasar tradisional Kota Blitar. 9foto : ana alana)

AGTVnews.com – Pelanggar protokol kesehatan di Kota Blitar, siap-siap terkena sanksi tindak pidana ringan. Tindakan tegas ini dilakukan karena semakin meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Blitar, sementara kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan menurun.

Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Hery Setyawan mengatkan, ada tiga tahapan yang akan dilakukan untuk peningkatan disiplin ini. Pertama edukasi lalu pengawasan dan penegakan hukum.

“Pada prinsipnya kami intensifkan operasi yustisi kami tekankan edukasi dan pengawasan. Ketika terjadi pelanggaran barulah kita beri tindakan hukum,” ujar Kapolres, Selasa (26/1/2021).

| Baca Juga:  Jaga Stamina, Sopir di Blitar Pilih Pakai Sabu-sabu

| simak video berita terkait:

Sebelumnya petugas lebih banyak memberikan sanksi teguran lisan kepada pelanggar prokes. Namun hal ini dirasa belum memberi efek jera karena masih banyak yang abai.

“Kita lakukan penindakan yang tepat dan terukur dengan memberi sanksi Tipiring. Pada prinsipnya penegakan hukum ini demi kebaikan bersama. Namun yang diutamakan tetap edukasi dan pengawasan agar tidak ada gejolak di masyarakat,” imbuhnya.

Sanksi Tipiring ini sudah diberlakukan di wilayah hukum Polres Blitar Kota selama pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Seperti yang dilakukan petugas gabungan dari Polres Blitar Kota, Kodim, dan Satpol PP.

| Baca Juga:  Polisi Kediri Bagi-bagi 2 Juta Masker kepada Masyarakat

Pada operasi yustisi yang menyasar pasar tradisional di Kota Blitar petugas memberikan sanksi Tipiring kepada pelanggar. Sanksi Tipiring diberikan kepada warga yang tidak membawa masker ke pasar. Sedangkan mereka yang membawa masker namun tidak dipakai diberi teguran lisan dan tertulis. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma