Beranda Kesehatan Tak masuk PPKM, Kota Blitar Tetap Terapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Tak masuk PPKM, Kota Blitar Tetap Terapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

BERBAGI
Pembatasan kegiatan di Kota Blitar, petugas gabungan kembali intensifkan operasi yustisi. (foto :ana alana)

AGTVnews.com – Kota Blitar tidak masuk dalam daftar daerah di Provinsi Jawa Timur yang diwajibkan memberlakukan PPKM. Meski demikian, Kota Blitar tetap melakukan pembatasan kegiatan masyarakat.

Pembatasan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Walikota Blitar nomor 1 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

SE Wali kota ini mengatur 9 poin, diantaranya pemberlakuan Work From Home (WFH) dan Work From Ofice (WFO), pemberlakuan jam operasional restoran/rumah makan, restoran milik hotel, karaoke, angkringan dan pedagang kaki lima.

| simak video berita terkait:

Untuk layanan makan di tempat dibatasi sebanyak 25 persen dari kapasitas dengan pemberlakuan jam operasional mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB.

Sementara layanan pesan-antar atau dibawa pulang dilakukan sesuai dengan jam operasional pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 21.OO WIB. Selain itu, Jam operasional untuk pusat perbelanjaan, mall, toko modern juga dibatasi mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB.

| Baca Juga:  Antisipasi Penyebaran Corona, Posko Pengecekan Penumpang Luar Kota Didirikan di Kota Blitar

Untuk sektor perhotelan pasar tradisional dan pemenuhan kebutuhan masyarakat lainnya tetap dapat beroperasi penuh dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan Yang Diadakan di Fasum Diberhentikan

Kegiatan masyarakat yang dilaksanakan di fasilitas umum (fasum) seperti taman, tempat wisata, gedung, sarana olahraga serta kegiatan sosial budaya seperti pagelaran seni, resepsi dan yang lainnya untuk sementara diberhentikan.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan meskipun Kota Blitar zona oranye namun ada tambahan kasus yang cukup banyak setiap harinya.

| Baca Juga:  Sampaikan Aspirasi Terkait Pembakaran Bendera, Massa PDIP Berikan Kejutan Kepada Polres Blitar Kota

“Inilah kondisi di lapangan. Apalagi lokasi geografis Kota Blitar berada di tengah wilayah Kabupaten Blitar yang menerapkan PPKM karena masuk kriteria sebagai zona merah. Ditambah lagi fasilitas kesehatan kita saat ini semua sudah overload, semua penuh. Jadi kita harus melakukan upaya-upaya untuk memberi perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kota Blitar,” tegas Hakim, Rabu (13/1/2021).

Hakim berharap masyarakat untuk mematuhi aturan yang tertuang dalam SE, hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Dalam SE itu juga dijelaskan ada sanksi sesuai aturan jika ada yang melanggar. Kemudian kami bersama dengan petugas gabungan juga akan terus melakukan operasi yustisi,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma