Beranda Peristiwa Antar Dewa ke Khayangan, Umat Tionghoa Kota Kediri Gelar Sembahyang dan Bersihkan...

Antar Dewa ke Khayangan, Umat Tionghoa Kota Kediri Gelar Sembahyang dan Bersihkan Patung Klenteng

BERBAGI
Umat Tionghoa membersihkan patung dewa di Klenteng. (foto : linda kusuma)

AGTVnews.com – Sejumlah umat Tionghoa Kota Kediri menggelar sembahyang Song Sen sebagai prosesi menyambut perayaan Imlek. Prosesi sembahyang diadakakan di Klenteng Tjoe Hwie Kiong Kota Kediri, Jumat (5/2/2021).

Sembahyang Son Sen untuk mengantarkan para Dewa ke khayangan agar amal baik mereka diterima. Setelah prosesi sembahyang, sejumlah patung dewa yang ada di klenteng dimandikan dengan air dan bunga.

Umat Tionghoa percaya, dewa-dewa yang ada di dalam patung tengah berada di kayangan. Sehingga tempat mereka tinggal dibersihkan.

| Baca Juga:  Keseruan Rebutan Koin Meriahkan Maulid Nabi di Kediri

| simak video berita terkait:


Humas Klenteng Tjoe Hwie Kiong, Halim mengatakan, sembahyang yang dilakukan saat pandemi ini berbeda dari yang dilakukan sebelumnya. Jumlah warga yang beribadat dibatasi.

“Karena masih di masa pandemi, jumlah umat yang melakukan peribadatan dibatasi. Ada beberapa pertunjukan untuk meramaikan Imlek juga ditiadakan. Kita jaga agar tidak ada kerumunan,” ucapnya.

Menyambut puncak Imlek atau tahun baru China 2572, pihak Klenteng juga memasang beragam pernak pernik dan lampion. Lampion adalah pelita harapan, untuk kehidupan yang lebih baik.

| Baca Juga:  Pastikan Lancar, Pjs Walikota Kediri sidak UNBK

“Lampion ini adalah lambang pelita. Pelita harapan kita, semoga pandemi bisa segera berlalu dan bencana segera hilang,” ucapnya.

Pada pandemi kali ini beberapa perayaan khas Imlek seperti pagelaran barongsai dan juga wayang potehi ditiadakan. “Kita lakukan pembatasan, agar tidak terjadi kerumunan. Semoga pandemi segera berlalu,” pungkasnya. (*)

Reporter : Linda Kusuma 
Editor : Yusuf Saputro