Beranda Pemerintahan Antisipasi Ancaman Chikungunya, Pemkot Kediri Lakukan Fogging

Antisipasi Ancaman Chikungunya, Pemkot Kediri Lakukan Fogging

BERBAGI
proses pengasapan yang dilakukan oleh pemerintah Kota Kediri untuk mencegah adanya Chikungunya maupun demam berdarah. (foto :istimewa)

AGTVnews.com – Mengantisipasi merebaknya wabah chikungunya di Kota Kediri, pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan Kota Kediri giat melakukan pengasapan atau fogging di beberapa lokasi.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Kota Kediri, Hendik Supriyanto mengatakan, pengasapan dilakukan di setiap rumah warga sekaligus memastikan lingkungan bersih dari genangan-genangan air yang berpotensi sebagai tempat berkembang biak nyamuk.

Dalam pengasapan ini, petugas menggunakan empat alat pengasapan terbaru dengan keluaran yang lebih bagus sehingga proses pengasapan dengan cairan insektisida bisa lebih efektif dan efisien.

| Baca Juga:  Walikota Kediri Hadiri Rapat Paripurna Pemberhentian Jabatan Wakil Walikota

“Penyebabnya hampir sama dengan penyakit demam berdarah (DBD) yakni nyamuk Aedes Aegepty. Tapi virusnya saja yang berbeda,”terang Hendik, Rabu (17/2/2021).

Hendik menambahkan, untuk penanganan yang dilakukan juga hampir sama dengan penyakit demam berdarah. Nyamuk jenis ini suka berkembang biak di genangan air bersih.

“Pastikan tempat-tempat yang berpotensi menyimpan air bisa ditelungkupkan, ditutupi atau didaur ulang,”imbuhnya.

Beberapa lokasi yang sudah dilakukan pengasapan yakni di 4 RT di Kelurahan Pocanan. (*)

Reporter : Linda Kusuma 
Editor : Yusuf Saputro