Beranda Pemerintahan Covid-19 di Kabupaten Blitar, Angka Kesembuhan dan Kematian Sama Tinggi

Covid-19 di Kabupaten Blitar, Angka Kesembuhan dan Kematian Sama Tinggi

BERBAGI
Rumah isolasi milik Pemkab Blitar . (foto: ana alana)

Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Blitar terus meningkat. Data Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar menyebut jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 3.548. Dan pada 16 Februari kemarin ada tambahan 21 pasien sembuh dalam satu hari.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Miftakhul Huda mengatakan, angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Blitar cukup tinggi. Sehingga kondisi rumah sakit rujukan maupun tempat isolasi sudah mulai relaksasi.

Meski demikian, angka kematian pasien Covid-19 di Kabupaten Blitar masih cukup tinggi. Miftakhul menjelaskan, jika di rata-rata kasus pasien positif yang meninggal masih di atas 7 persen atau dalam kurun waktu 24 jam ada tiga sampai delapan orang yang meninggal.

| Baca Juga:  Terapkan PPKM, Wali Kota Blitar Antisipasi Jika Ada Lonjakan Pasien Covid-19

| simak video berita terkait:

“Angka kematian kita masih di 7 koma sekian persen. Ini masih tergolong tinggi. Rata-rata sehari ada 2 sampai 3 yang meninggal bahkan beberapa hari lalu bisa sampai 9. Terakhir data yang kami terima pada 16 Februari ada 5 pasien positif meninggal dunia. Total saat ini yang meninggal 325 orang,” jelasnya, Rabu (17/2/2021).

Tingginya angka kematian ini karena rata-rata pasien Covid-19 memiliki komorbid atau penyakit penyerta. Penyakit tersebut diantaranya diabetes, hipertensi dan penyakit lain seperti stroke dan jantung.

“Iya, jadi kebanyakan memang komorbid seperti diabetes dan hipertensi. Ada juga yang stroke,” papar Huda.

| Baca Juga:  Ganti Rugi Tidak Jelas, Warga Hentikan Proyek Normalisasi Sungai

Selama pelaksanaan PPKM 2 pekan terakhir, angka kasus harian di Kabupaten Blitar mengalami penurunan signifikan.  Penambahan kasus harian penularan Covid-19 yang semula selalu di atas angka 50 kini turun menjadi 25 sampai 30 kasus saja perhari.

Saat ini jumlah komulatif kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar sebanyak 4.105 kasus. Dari jumlah tersebut kasus aktif mencapai 208.

“Kami berharap dengan penerapan PPKM skala mikro ini nantinya terus menekan kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Blitar,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma