Beranda Pemerintahan Pelantikan Kepala Daerah Ditunda, Jabatan Walikota Blitar Bakal Diisi Pelaksana Harian

Pelantikan Kepala Daerah Ditunda, Jabatan Walikota Blitar Bakal Diisi Pelaksana Harian

BERBAGI
wali Kota Blitar terpilih Santoso. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Pelantikan bupati/wali kota terpilih di Jawa Timur dipastikan mundur. Sebelumnya dijadwalkan pada 17 Februari 2021 namun akan dilaksanakan pada 26 Februari 2021 mendatang.

Dengan adanya penundaan ini membuat posisi Wali Kota Blitar mengalami kekosongan sampai jadwal pelantikan nanti. Sebab, masa jabatan Wali kota dan Wakil Wali kota periode 2016-2021 berakhir pada 17 Februari 2021.

Dikonfirmasi terkait hal itu, wali Kota Blitar sekaligus Wali Kota Blitar terpilih Santoso mengatakan untuk mengisi kekosongan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, telah menunjuk pelaksana harian (Plh) untuk mengisi kekosongan jabatan.

| Baca Juga:  Kota Blitar Tambah 1 Positif Corona, Tenaga Kesehatan Asal Jogja

| simak video berita terkait:

“Iya, memang ada penundaan. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah karena ibu Gubernur sudah menunjuk Sekda sebagai pelaksana harian untuk mengisi kekosongan jabatan Walikota,” ungkap Santoso, Selasa (16/2/2021).

Santoso memastikan, meski dipimpin Plh untuk sementara, roda pemerintahan di Kota Blitar tetap akan berjalan normal. “Yang pasti roda pemerintahan akan tetap berjalan sampai menunggu pelantikan 26 Februari nanti,” imbuhnya.

Informasi yang beredar alasan diundurnya jadwal pelantikan bupati/wali kota terpilih di 17 kabupaten/kota di Jatim, karena masih menunggu keputusan sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK).

| Baca Juga:  Alun- Alun Kota Blitar Bersih Dari PKL

Ada tiga daerah di Jatim yang masih proses sengketa di MK. Diantaranya Pilkada Kota Surabaya, Pilkada Banyuwangi dan Pilkada Lamongan. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma