Beranda Pemerintahan Usai PPKM, Angka Penularan Covid-19 Kabupaten Blitar Diklaim Turun

Usai PPKM, Angka Penularan Covid-19 Kabupaten Blitar Diklaim Turun

BERBAGI
Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Jumlah penambahan kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Blitar saat ini diklaim sudah menurun. Penurunan terjadi sejak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) selama 2 pekan.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar Krisna Yekti mengatakan, angka penambahan kasus harian penularan Covid-19 yang semula selalu di atas 50 kini turun menjadi 25 sampai 30 kasus perhari.

“Di awal-awal PPKM memang penurunan belum terlaku signifikan. Namun setelah dua kali tahapan PPKM kita mengalami penurunan luar biasa untuk kasus harian,” ujar Krisna, Jumat (12/2/2021).

| simak video berita terkait:

Saat ini okupansi atau tingkat keterpakaian tempat tidur di fasilitas kesehatan di rumah sakit maupun Puskesmas rujukan pasien Covid-19 sudah mulai longgar. Termasuk rumah isolasi milik Pemkab Blitar di LEC Garum kondisinya juga mulai longgar.

| Baca Juga:  Harga Naik, Pedas Cabai Semakin Menggigit

“Biasanya setiap hari kami selalu bingung mencarikan tempat untuk pasien dari kasus baru. Baik itu yang bergejala maupun yang tanpa gejala. Namun seiring penurunan jumlah kasus, sekarang tempat rujukan pasien juga sudah mulai longgar,” jelas Krisna.

Meski begitu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak longgar soal protokol kesehatan. Apalagi saat ini masih diberlakukan PPKM skala mikro.

“Kami minta kepada masyarakat untuk tetap patuh. Agar angka penularan terus turun dan kita bisa kembali hidup normal,” tegasnya.

Di Kabupaten Blitar, sesuai data Satgas Covid-19 hanya ada satu wilayah yang berada di zona merah dan wajib memberlakukan PPKM skala mikro. Yakni Dusun Jatiluhur Desa Jatitengah Kecamatan Selopuro.

| Baca Juga:  Datang ke Wisata Blitar, Wajib Lolos Rapid Antigen

Di wilayah tersebut ada 55 santri dan pengasuh pondok pesantren di daerah itu, serta 5 warga yang terpapar Covid-19, sedangkan RT di desa-desa lainnya di Kabupaten Blitar rata-rata berstatus zona kuning.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma