Beranda Peristiwa Usia Perkawinan Dibatasi, Dispensansi Nikah di Blitar Meningkat 3 Kali Lipat

Usia Perkawinan Dibatasi, Dispensansi Nikah di Blitar Meningkat 3 Kali Lipat

BERBAGI
pengajuan dispensasi nikah di Blitar meningkat. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Pengajuan dispensasi kawin di Pengadilan Agama Blitar selama tahun 2020 meningkat tiga kali lipat.  Tercatat ada 636 permohonan dispensasi kawin diajukan di Pengadilan Agama Blitar. Jumlah ini meningkat dibanding tahun 2019 yang tercatat sebanyak 245 perkara.

Panitera muda hukum Pengadilan Agama Blitar, Nurkholis Ahwan mengatakan, permintaan dispensasi ini bukan karena hamil diluar nikah, melainkan karena adanya revisi undang-undang perkawinan.

“Kasus kehamilan di luar pernikahan di Blitar jumlahnya tidak sampai 20 persen. Alasan utama pengajuan dispensasi nikah adalah adanya revisi Undang-undang Perkawinan. Dulu calon istri 16 tahun dan calon suami 19 tahun. Tapi sekarang karena UU 16 tahun 2019 calon suami dan istri menjadi 19 tahun,”jelasnya, Senin (8/2/2021).

| Baca Juga:  DPRD Kota Blitar Keluarkan Surat Rekomendasi Penutupan Maxi Brillian

| simak video berita terkait:

Nurkholis menyebut, dengan adanya pembatasan usia ini kadang membuat orang tua khawatir, sehingga akhirnya mereka mengajukan dispensasi,” ucapnya.

Pada tahun 2020 Pengadilan Agama Blitar memutus 654 perkara, yang terdiri 626 permohonan ditahun 2020 dan 28 tunggakan permohonan ditahun 2019.

Sementara di tahun 2021 ini pihaknya masih memiliki 10 permohonan dispensasi menikah yang belum diselesaikan di tahun 2020.

Nurkholis menambahkan, jika pasangan yang menikah usianya kurang dari 19 tahun, maka diwajibkan menyertakan alasan dan bukti pendukung yang kuat.

| Baca Juga:  Aksi Joget Walikota Blitar Berujung Pemanggilan Polisi

“Permohonan dispensasi nikah ini akan dikabulkan oleh Pengadilan Agama Blitar setelah dipertimbangkan antara manfaat dan mudharatnya,”pungkasnya.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma