Beranda Hukum Kriminal Pelaku Pembunuh Bos Toko di Blitar Sempat Mengelak dan Kelabui Polisi

Pelaku Pembunuh Bos Toko di Blitar Sempat Mengelak dan Kelabui Polisi

BERBAGI
pelaku sempat mengelabui petugas dan berpura-pura kaget sosok dalam CCTV mirip dengannya. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Yuda (21 tahun) pelaku pembunuhan juragan toko di Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar sempat mengelabui polisi. Pemuda itu berpura-pura kaget melihat sosok yang mirip dirinya ada di CCTV.

Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela mengatakan, meski mengelak dan berpura-pura tidak tahu, petugas tidak terkecoh.

“Ada 16 CCTV yang tersebar di dalam dan di luar toko. Dari rekaman CCTV itu kami memperoleh profil pelaku. Mulai dari postur badannya hingga bentuk alis yang masih terlihat jelas meski pelaku memakai masker,” ujar Leonard, Kamis (4/3/2021).

| simak video berita terkait:

Kapolres mengungkapkan, sosok yang ada didalam CCTV profilnya mirip dengan seseorang yang ada di dekat TKP. “Saat kami mintai keterangan dia berpura-pura kaget kenapa sosok yang ada di dalam rekaman CCTV itu mirip dengan dia. Namun karena gelagat yang mencurigakan, polisi terus mengorek keterangan dari Yuda. Hingga akhirnya dia mengakui semua perbuatannya,” ucap Kapolres.

| Baca Juga:  Joget Seronok Dalam Kelas, 11 Siswa SMA Diperiksa Polisi

Leonard menambahkan, rekaman CCTV yang berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) memudahkan polisi dalam mengungkap dalang kematian juragan Bisri.

CCTV tersebut merekam aksi Yuda saat masuk ke dalam toko berpura-pura menjadi pembeli, kemudian saat pelaku mengambil gagang cangkul, lalu membongkar laci kasir untuk mengambil uang serta saat pelaku menutup 5 buah CCTV dengan aluminium foil sampai akhirnya CCTV mati karena saklar listrik dimatikan oleh pelaku.

“Rekaman CCTV mempermudah penyelidikan kami.  Dari rekaman CCTV itu kami memperoleh profil pelaku,” pungkasnya.

| Baca Juga:  Pelaku Pembunuhan Istri Dan Anak di Blitar Dibawa ke RS Bhayangkara Kediri

Pelaku dijerat dengan Pasal 339 KUHP subsider 365 ayat 2 angka 1 tentang pencurian dengan kekerasan yang mengakibatkan korban meninggal dunia. Dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara dan 15 tahun penjara.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma