Beranda Pemerintahan Peringati Hari Jadi Pemkab Kediri Gelar Ruwat Negari Bumi Panji

Peringati Hari Jadi Pemkab Kediri Gelar Ruwat Negari Bumi Panji

BERBAGI
Bupati dan wakil bupati Kediri diiringi sejumlah penari memasuki pendopo Kabupaten Kediri. (foto : linda kusuma )

AGTVnews.com – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar prosesi Ruwat Negari Bumi Panji di Pendopo Kabupaten Kediri. Prosesi ini untuk memperingati hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1217, Kamis (25/3/2021).

Prosesi ruwat dihadiri Forkopimda Kabupaten Kediri dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Sebelum masuk ke pendopo Bupati Kediri Hanindito Himawan Pramana dan Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa mencuci tangan terlebih dahulu. Air yang digunakan untuk mencuci tangan ini berasal dari 7 mata air yang ada di wilayah Kediri.

| Baca Juga:  Pemerintah Kabupaten Kediri Bagikan BLT bagi Warganya

| simak video berita terkait:

Peringatan hari jadi ini mengambil tema ‘Gregeting Taruno Ambangun Projo Amusno Memolo Anggayuh Raharjo Ing Bumi Kadiri‘.

Bupati berharap dengan peringatan hari jadi ini, masyarakat di Kabupaten Kediri selalu sejahtera dan pandemi corona segera berakhir.

“Pada tahun 2020 perosesi hari jadi tidak bisa dilaksanakan karena adanya pandemi. Alhamdulillah tahun ini kita bisa melaksanakan acara ruwatan. Semoga masyarakat Kediri terhindar dari segala bala,” ucapnya.

Dalam prosesi ini, Bupati juga meresmikan nama Pendopo Kabupaten Kediri, yakni Panjalu Djajati.

| Baca Juga:  E-Lapor, Mudahkan Masyarakat Yang Tidak Puas Atas Layanan Publik

“Panjalu Djajati artinya Panjalu berjaya. Kita teguhkan komitmen bersatu untuk yang terbaik di Kabupaten Kediri,” ucapnya.

Dalam prosesi ini juga digelar pertunjukan wayang krucil dengan lakon Sang Mikukuhan Angruwat Jagad Kadiri. Diharapkan kondisi Kediri akan segera membaik dan semakin sejahtera.(*)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Kediri