Beranda Pendidikan Dukung Penerapan Prokes di Sekolah Blitar Bentuk Satgas Cilik Covid-19

Dukung Penerapan Prokes di Sekolah Blitar Bentuk Satgas Cilik Covid-19

BERBAGI
satgas cilik Covid-19 di Kabupaten Blitar mulai jenjang TK, SD hingga SMP. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Mengawasi penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah, Kabupaten Blitar melakukan satu cara khusus. Yakni membentuk Satgas Cilik Covid-19. Tugas satgas cilik ini adalah mengawasi penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Satgas Cilik ini diplih dari masing-masing perwakilan lembaga sekolah. Mereka memiliki tugas memberikan edukasi seputar Covid-19 kepada sesama siswa.

Satgas ini juga mengarahkan teman-teman mereka untuk mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

| simak video berita terkait:

Seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi kerumunan, dan mengurangi kegiatan di luar kelas. Jika ada peserta didik yang melanggar, mereka diminta untuk melaporkannya kepada wali kelasnya.

| Baca Juga:  Hasil Perolehan Sama, Pilkades Ringinanyar Diwarnai Aksi Protes

“Seperti kita ketahui, PTM di Kabupaten sebagian sudah dimulai. Untuk mengantisipasi penularan Covid-19 khususnya di lingkungan sekolah, kami memiliki inovasi dengan meluncurkan Satgas Cilik ini. Kami berharap ketika teman mereka sendiri yang mengawasi dan mengingatkan mereka akan lebih terkontrol prokesnya selama berada di lingkungan sekolah,” ujar Bupati Blitar Rini Syarifah, Kamis (8/4/2021).

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Budi Kusumarjaka mengatakan keberadaan Satgas Cilik Covid-19 ini wajib di setiap sekolah, mulai jenjang pendidikan TK, SD dan SMP.

| Baca Juga:  Dinas Pendidikan Blitar Umumkan Sekolah Libur Besok

Selain mendapat pendampingan dari guru, mereka juga dibimbing oleh Dinas Kesehatan melalui petugas di masing-masing Puskesmas.

“Kami berharap mereka bisa menjadi garda terdepan pencegahan penularan Covid-19. Serta menjadi penggerak pencegahan Covid-19 sejak dini,” pungkas Budi.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma