Beranda Peristiwa Gandeng Pemkab BI Kediri Luncurkan Digitalisasi Pasar Tradisional

Gandeng Pemkab BI Kediri Luncurkan Digitalisasi Pasar Tradisional

BERBAGI
BI Kediri gandeng Pemkab Kediri dan BRI luncurukan program digitalisasi pasar Papar. (foto : istimewa)

AGTVnews.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri bersama Pemerintah Kabupaten Kediri dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan program digitalisasi pasar tradisional. Program ini dilaunching di Pasar papar kabupaten Kediri, Jumat (9/4/2021).

Program digitalisasi pasar ini merupakan bagian rangkaian acara Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI). FEKDI diselenggarakan pada tanggal 5 – 8 April 2021.

Kemudian  dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan di berbagai wilayah termasuk eks Karesidenan Kediri – Madiun, pada 12 – 14 April 2021 mendatang.

Diharapkan dengan kegiatan digitalisasi pasar Papar ini sinergi dalam mendorong percepatan dan perluasan digitalisasi di Kabupaten Kediri semakin meningkat. Selain itu, ini menjadi upaya mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

| Baca Juga:  Tingkatkan SDM, Dispertabun Kabupaten Kediri Gelar Sekolah Lapang Pertanian

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri mengatakan akan terus berupaya mendorong Kerja sama Antar Daerah (KAD) di wilayah eks karesidenan Kediri – Madiun yang bermanfaat untuk mendukung program pengendalian inflasi. Selain itu mampu mendorong Onboarding UMKM pedagang pasar agar dapat memanfaatkan teknologi digital.

“Pemanfaatan platform melalui pengembangan dan penambahan fitur website Pasar.id bersama BRI dengan Kabupaten Kediri menjadi akan menjadi pilot project. Website pasar sendiri merupakan suatu wujud ekosistem digital sistem perdagangan yang terintegrasi dengan sistem sistem pembayaran nontunai yang mampu menyediakan prasarana jual beli serta informasi data ketersediaan pasokan dan surplus – defisit,” jelasnya.

| Baca Juga:  Ratusan Warga Serbu Pasar Murah Pemkab Kediri

Rencananya, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri juga akan meluncurkan program Kampung Inggris Pare sebagai Kampung Wisata Pendidikan dan Digital sebagai rangkaian FEKDI.

Kegiatan Digitalisasi Pasar Papar Kediri dihadiri Wakil Bupati Kediri, Ibu Dewi Mariya Ulfa, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Bapak Sofwan Kurnia, serta Vice President PT Bank Rakyat Indonesia Kanwil Jatim II, Huru Priyono Ambarwito.(*)

Editor : Linda Kusuma