Beranda Pemerintahan Gelar Sidak Petugas di Kota Kediri Temukan Beberapa Takjil Gunakan Zat Tak...

Gelar Sidak Petugas di Kota Kediri Temukan Beberapa Takjil Gunakan Zat Tak Semestinya

BERBAGI
sejumlah petugas memeriksa beberapa sampel makanan di Jalan Hayamwuruk Kota Kediri. (foto : linda kusuma )

AGTVnews.com – Memastikan makanan yang dijual di pasar takjil aman, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kesehatan Kota Kediri menggelar sidak di pusat penjualan takjil. Sidak dilakuka di dua tempat yakni, pusat takjil di Jalan Hayamwuruk dan di Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Kediri.

Dalam sidak ini, Dinkes Kota Kediri bekerjasama dengan Pengawas Obat dan Makanan (Loka POM) Kediri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr. Fauzan Adima mengatakan sidak dilakukan untuk memastikan bahwa makanan yang diedarkan di pusat takjil ini aman dan sehat untuk dikonsumsi.

“Terkadang para pedagang tidak mengetahui apakah bahan makanan yang digunakannya mengandung bahan berbahaya atau tidak. Dengan pemeriksaan yang kita lakukan bersama Loka POM ini nanti bisa diketahui,” jelasnya, Kamis (15/4/2021).

| Baca Juga:  Walikota Kediri Saksikan Ngamen Virtual Spesial Hari Jadi Kota Kediri

Dari hasil uji sampling yang dilakukan di jalan Hayamwuruk, tidak ditemukan adanya bahan yang berbahaya.

“Setelah kami lakukan uji sampling, kami pastikan sample yang kami ambil di Hayamwuruk negatif dari borak, formalin dan rodamin. Jadi takjil yang dijual tidak mengandung bahan pangan yang berbahaya,”ucapnya.

Sementara itu, hasil sampling dari makanan yang ada di Jalan Jaksa Agung Suprapto Kota Kediri ditemukan 3 makanan yang mengandung zat berbahaya.

Tiga makanan itu diantaranya, kerupuk puli dan cincau yang mengandung boraks serta kerupuk upil yang mengandung zat pewarna sintetis rodamin.

| Baca Juga:  Walikota Kediri Beri Motivasi Kontingen Atlet Kejurnas O2SN

“Ketiga pedagang yang menjual makanan itu kami minta untuk segera membereskan dagangannya. Mereka boleh membuka lapak kembali dengan catatan tidak menjual makanan dengan bahan berbahaya seperti hari ini tadi,” tegas Fauzan.

Fauzan menegaskan, sidak ini akan terus dilakukan. Jika ditemukan pelanggaran oleh pedagang yang sama, maka akan disanksi izin jualan mereka dicabut. (*)

Editor : Linda Kusuma