Beranda Peristiwa Petani di Blitar Temukan Struktur Batu Bata Kuno di Saluran Irigasi

Petani di Blitar Temukan Struktur Batu Bata Kuno di Saluran Irigasi

BERBAGI
struktur bata kuno yang ditemukan petani di kelurahan Karangtengah Kota Blitar. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Tumpukan struktur batu bata kuno kembali ditemukan di wilayah Kota Blitar. Tumpukan batu bata yang diduga peninggalan jaman kerajaan tersebut ditemukan di sebleha saluran irigasi di Kelurahan Karang Tengah Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.

Camat Sananwetan, Heru E Purnomo mengatakan, struktur bata ini pertama kali ditemukan oleh seorang petani yang sedang menggarap sawah. Awalnya yang ditemukan hanya sebuah bata besar dengan model dan ukurannya tidak seperti batu bata saat ini.

Karena penasaran, petani ini mencoba mencari lagi bata di sekitar temuan pertama. Ternyata di bagian bawah masih banyak tumpukan mirip dengan struktur candi. Setelah itu temuan ini dilaporkan ke kelurahan dan dilanjutkan ke kecamatan.

| Baca Juga:  BPCB Trowulan Eskavasi Temuan Patirtan Kuno di Gunung Klotok Kediri

| simak video berita terkait:

“Pertama kali ditemukan petani yang sedang menggarap sawah. Setelah ditelusuri ternyata tumpukan yang diduga situs ini banyak dan memanjang,” ujarnya, Kamis (29/4/2021).

Heru menambahkan, setelah penemuan tersebut, pihaknya bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) langsung mengecek lokasi temuan bangunan struktur bata tersebut.

Setelah pengecekan itu, pihaknya kemudian menghubungi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur. Rencananya BPCB akan melakukan pengecekan di lokasi setelah Lebaran. Sekaligus melanjutkan ekskavasi di Candi Gedog.

| Baca Juga:  Momen Hari Guru Siswa di Kota Blitar Basuh Kaki Pengajar

“Kami sudah koordinasi dengan BPCB Trowulan. Nantinya akan dicek, jika bekas bangunan itu benar situs atau bekas bangunan candi maka akan dilakukan ekskavasi,” pungkasnya.(*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma
Gula Rendah Glikemik