Beranda Peristiwa Tentukan Awal Ramadan, Hilal Tak Terlihat di Bukit Banjarsari Blitar

Tentukan Awal Ramadan, Hilal Tak Terlihat di Bukit Banjarsari Blitar

BERBAGI
hilal tidak terlihat di bukit banjarsari kabupaten Blitar. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Hilal untuk menetapkan 1 Ramadan tidak dapat terlihat dari Bukit Banjarsari, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Lokasi ini ditetapkan Kemenag Kabupaten Blitar untuk melakukan Rukyatul Hilal.

Humas Kemenag Kabupaten Blitar Jamil Mashadi mengatakan, pengamatan hilal dilakukan selama 14 menit 19 detik.

“Di bukit Banjarsari setelah dilajukan pengamatan Hilal selama 14 menit 19 detik para pemerhati Hilal menyatakan tidak bisa melihat Hilal. Untuk selanjutnya hasil ini kita laporkan ke Kemenag pusat. Kemudian untuk penentuan awal Ramadan kita menunggu sidang Isbath dan pengumuman resmi dari pemerintah pusat,” ujar Jamil.

| Baca Juga:  Isu Tsunami di Blitar, BPBD: Cukup Diketahui Saja, Masyarakat Jangan Takut

Usai pengamatan dilakukan sidang untuk menetapkan bahwa lokasi di Bukit Banjardari tidak bisa menyaksikan Hilal oleh hakim pengadilan Blitar.

“Menurut pengamatan, sesuai hisab atau perhitungan posisi Hilal ada di 3 derajat, 34 menit 54 detik. Ini menurut kaidah, Hilal bisa dirukyat artinya memenuhi persyaratan untuk melihat bulan,” jelasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Rukaytul Hilal dilakukan di Pantai Serang. Namun di pantai yang terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo itu sejak pertama kali digelar tercatat Hilal hanya terlihat satu kali. Untuk itu, setelah melalui berbagai pertimbangan diputuskan Rukyatul Hilal dipindah dari Pantai Serang ke Bukit Banjarsari sejak tahun 2019. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma