Beranda Peristiwa Tentukan Awal Ramadhan Kemenag Blitar Gelar Rukyatul Hilal Tertutup

Tentukan Awal Ramadhan Kemenag Blitar Gelar Rukyatul Hilal Tertutup

BERBAGI
Humas Kemenag Kabupaten Blitar, Jamil Mashadi mengatakan Rukyatul Hilal dibatasi dan tertutup. (foto : ana alana)

AGTVnews.com – Menentukan awal Ramadan, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar bakal menggelar Rukyatul Hilal secara tertutup. Rencananya pelaksanaan Rukyatul Hilal diadakan di bukit Banjarsari Kecamatan Wonotirto Blitar Selatan pada 12 April 2021 mendatang.

Humas Kemenag Kabupaten Blitar, Jamil Mashadi mengatakan, jumlah peserta dalam Rukyatul Hilal dibatasi maksimal hanya 10 orang. Diantaranya perwakilan dari pengadilan agama, Kemenag dan petugas terkait lainnya. Ia berharap, kegiatan tersebut berjalan lancar dan masyarakat sekitar tidak datang untuk menghindari kerumunan karena masih dalam pandemi Covid-19.

| Baca Juga:  Hilal Tak Terlihat di Bukit Banjarsari Blitar

“Mengingat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 pelaksanaan Rukyatul Hilal kami laksanakan secara tertutup. Artinya yang datang kami batasi untuk menghindari kerumunan. Namun hasilnya tetap akan kami sampaikan secara terbuka,” ujar Jamil, Senin (5/4/2021).

| simak video berita terkait:

Dia menjelaskan, selama pelaksanaan Rukyatul Hilal selain membatasi jumlah orang yang datang pihaknya juga akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di lokasi Rukyatul Hilal.

Akan ada petugas khusus yang akan mengecek suhu tubuh peserta jika melebihi batas wajar tidak diperbolehkan ikut.

| Baca Juga:  Bupati Blitar Hadir dalam Rukyatul Hilal di Bukit Banjarsari Wonotirto

“Hal ini kami lakukan demi menjaga keselamatan bersama,” imbuhnya.

Untuk diketahui, tahun 2021 merupakan tahun ketiga pelaksanaan Rukyatul Hilal di bukit Banjarsari Kecamatan Wonotirto.

Sebelumnya Rukaytul Hilal dilakukan di Pantai Serang. Namun di pantai yang terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo itu sejak pertama kali digelar tercatat Hilal hanya terlihat satu kali. Untuk itu, setelah melalui berbagai pertimbangan diputuskan Rukyatul Hilal dipindah ke Bukit Banjarsari. (*)

Reporter : Ana Alana
Editor : Linda Kusuma