Beranda Pemerintahan Alfamart dan Pasar Moderen Tumbuhkan Ekonomi IKM Kota Kediri

Alfamart dan Pasar Moderen Tumbuhkan Ekonomi IKM Kota Kediri

BERBAGI
produk IKM Kota Kediri yang telah mengisi gerai Alfamart. (foto : linda kusuma )

AGTVnews.com – Pertumbuhan ekonomi warung kelontong dan sejumlah industri kecil menengah (IKM) Kota Kediri Saat ini mulai bangkit kembali. Untuk menggerakkan perekonomian ini, pemerintah setempat tidak hanya berdiam diri, salah satunya dengan menggandeng perusahaan ritel moderen.

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, mengatakan, dalam hal ini pemerintah daerah berperan sebagai jembatan atau buffer dan meningkatkan kualitas dari IKM ini agar lebih bisa bersaing.

“Kita terus genjot produk dari IKM di Kota Kediri ini. Kita tingkatkan kualitasnya agar bisa bersaing di pasar digital. Kalau dirasakan, rasanya ini tidak kalah, tapi mungkin secara kemasan masih perlu peningkatan. Maka itu kita gandeng pasar moderen agar para IKM ini bisa lebih maju,” jelas wali kota dalam kegiatan penandatangan Kerja Sama dalam kemitraan Toko Moderen, Jumat (7/5/2021).

| Baca Juga:  Dukung Bandara Kediri, Wali Kota Wacanakan Pembangunan Ring Road

Dalam kegiatan ini juga dilaunching Pusaka yakni Produk UMKM Asli KOta Kediri. ada 12 produk pusaka yang saat ini sudah mengisi sejumlah both dan gerai yang ada di pasar moderen.

“Untuk sementara produk pusaka ini masih dipasarkan khusus di pasar moderen di Kota Kediri. Nanti tidak menutup kemungkinan akan dipasarkan lebih luas lagi,” ucap mas Abu sapaan akrab wali kota.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), Agus Tri Susanto mengatakan, jika pihaknya berkomitmen tumbuh dan berkembang bersama pedagang kecil dan toko kelontong.

| Baca Juga:  Walikota Kediri Apresiasi Kinerja Satpol PP

“Untuk mewujudkan hal ini kami dari alfamart akan merenovasi 25 warung kelontong sampai akhir tahun. Warung milik masyarakat ini akan kami akan upgrade menjadi semi moderen. Dan sekarang sudah terealisasi 10,” jelasnya.

Tidak hanya memasarkan produk dari UMKM Kota Kediri, Alfamart juga menggandeng 2 SMK di KOta Kediri untuk perekrutan karyawan lokal.

“Kami bekerjasama dengan SMKN 2 dan SMK Pawyatan Daha. Lulusan sekolah ini diterima sebagai karyawan alfamart,” paparnya.

Diharapkan dengan kerjasama ini produk IKM Kota Kediri bisa semakin berkembang luas. (*)

Editor : Linda Kusuma
Gula Rendah Glikemik