Beranda Ekonomi Bisnis Antisipasi Pengunjung Tak Patuh Prokes Sejumlah Mall di Kediri Pasang Posko Covid-19

Antisipasi Pengunjung Tak Patuh Prokes Sejumlah Mall di Kediri Pasang Posko Covid-19

BERBAGI
sejumlah petugas meninjau pelaksanaan prokes di Kediri Town Square. (foto : linda kusuma )

AGTVnews.com – Sejumlah pusat perbelanjaan dan mall yang ada di Kota Kediri serentak mendirikan posko Covid-19. Posko ini sebagai filter pertama bagi sejumlah pengunjung yang mungkin abai terhadap protokol kesehatan.

Pendirian posko ini juga sebagai tindak lanjut  anjuran pemerintah Kota Kediri agar pengelola mall ikut bertanggung jawab untuk mencegah adanya penyebaran covid-19.

Markom Manajer Kediri Town Square, Aan Tri Wahyuni mengatakan, pendirian posko ini sesuai dengan permintaan dari Pemerintah Kota Kediri.  Sebelum masuk kedalam pusat perbelanjaan, pengunjung wajib mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer dan diperiksa suhu tubuhnya.

Sejumlah pengunjung yang masuk ke mall dengan memakai masker scuba akan diminta kembali. Atau diminta mengganti masker mereka.

| Baca Juga:  Kota Kediri Lekat Olahraga Basket, Pantas Jadi Venue IBL

Gunakan Smart Counter Untuk Tentukan Kapasitas Pengunjung

“Kita juga menggunakan smart counter untuk mengetahui berapa jumlah pengunjung yang masuk, maupun yang masih stay dan pengunjung yang sudah keluar. Jika dari hitungan ini sudah mencapi 50 persen dari kapasitas, maka mall akan kami tutup selama 30 menit,” ujarnya, Selasa (4/5/2021).

Aan menambahkan, saat mall ditutup sementara ini, maka operator akan meminta pengunjung yang sudah selesai diminta untuk segera pergi dan akan digantikan pengunjung yang lain.

“Ini adalah cara kami agar pengunjung tetap sesuai dengan peraturan yakni 50 persen. Selain itu kita juga ada petugas khusus, yang berkeliling di pusat perbelanjaan untuk mengingatkan pengunjung agar tetap patuh pada protokol kesehatan,” ucapnya.

| Baca Juga:  Satu Pasien Corona Meninggal Dunia, Walikota Kediri Ingatkan Warga Agar Hati-hati

Diperkirakan puncak pengunjung pusat perbelanjaan terjadi pada minggu ini atau satu minggu sebelum lebaran.

“Untuk hypermart dan matahari buka dari pukul 09.00 sampai 21.00. Hal ini juga untuk memecah konsetrasi pengunjung agar tidak hanya terkumpul di waktu sore dan setelah solat tarawih. Sementara itu sejumlah tenant juga aktif menerapkan prokes bagi pembelinya. Untuk kasir juga disekat dengan tirai plastik untuk mengurangi kemungkinan penularan Covid-19,” urai Aan.

Dengan adanya kerjasama dari semua pihak, diharapkan penularan Covid-19 bisa dicegah dan perekonomian bisa kembali bergerak. (*)

Editor : Linda Kusuma