Beranda Hukum Kriminal Lakukan Simulasi Prokes Mabes Polri Pastikan SOP Kesehatan di Pos Penyekatan Sesuai

Lakukan Simulasi Prokes Mabes Polri Pastikan SOP Kesehatan di Pos Penyekatan Sesuai

BERBAGI
kunjungan yang dilakukan Tim Supervisi Mabes Polri bersama Inspektur Pengawasan Umum Polri (Irwasum Polri) dan Kepala Korps Samapta Bhayangkara (Kakorsabhara) disejumlah titik pos penyekatan larangan mudik yang ada di Jawa Timur.( foto: istimewa)

AGTVnews.com – Tim Supervisi Mabes Polri bersama Inspektur Pengawasan Umum Polri (Irwasum Polri) dan Kepala Korps Samapta Bhayangkara (Kakorsabhara) melakukan pemantauan disejumlah titik pos penyekatan larangan mudik yang ada di Jawa Timur, Minggu (9/5/2021).

Pemantauan dilakukan dalam rangka Operasi Ketupat Semeru 2021. Dalam kegiatan itu juga dilakukan pengecekan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelaksanaan protokol kesehatan. Salah satunya di terminal Purabaya.

Irwasum Polri, Komjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, jika ada penumpang bus non mudik yang tidak membawa syarat surat keterangan bebas COVID-19. Maka di Terminal Purabaya disediakan posko untuk melakukan pengecekan.

| Baca Juga:  Mudik, Pekerja Migran Asal Blitar Wajib Isolasi di Posko PPKM Mikro

| simak video berita terkait:

“Kami ditugaskan dari Mabes Polri ke Polda Jawa Timur, sengaja melaksanakan simulasi supaya urutan SOP kesehatan prokes dilakukan dengan benar,” ucapnya.

Ditambahkan Agung, jika hasil rapid test antigen penumpang tersebut reaktif, petugas langsung membawa penumpang ke ambulan untuk diantar ke tempat karantina yakni Pendopo Delta Mayang. Nantinya penumpang akan dites swab dan jika hasilnya positif, penumpang akan diisolasi.

Irwasum Polri mengatakan, langkah pengecekan ini penting dilakukan. Agar, semua petugas yang berjaga terjamin dari penyebaran COVID-19.

“Urut-urutan prokes harus dilaksanakan apabila menemukan masyarakat yang diduga reaktif. Dan tadi urut-urutannya sudah benar. Setelah reaktif dibawa ke ambulan untuk dilakukan PCR, dan jika hasilnya positif akan dilakukan isolasi,” tambahnya.

| Baca Juga:  Begal Mobil Antar Wilayah Dibekuk Jatanras Polda Jatim

Usai melakukan kunjungan di terminal Purabaya, Sidoarjo. Tim Supervisi Mabes Polri bersama rombongan melanjutkan pemantauan di jembatan Suramadu, baik dari sisi Surabaya maupun dari sisi Madura. Hal ini untuk memastikan proses penyekatan berjalan sesuai prosedur.

Dari hasil Pantauan dilapangan, Irwasum mengatakan, sejauh ini masyarakat mengikuti imbauan pemerintah.

“Pantauan sejauh ini masyarakat tidak ada yang mudik, semoga tetap mengikuti imbauan pemerintah,” pungkasnya. (*)

Editor : Linda Kusuma
Gula Rendah Glikemik